6 Rekomendasi Kuliner Enak dan Autentik di Sekitar Candi Borobudur

Jum'at, 28 Juli 2023 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Kemudian untuk lauk pauk pelengkapnya terdiri dari telur, suwiran ayam, kol, wortel, seledri, dan bawang yang kemudian dicampur nasi. Rasanya gurih dan ada sensasi pedasnya. Tapi jika ingin lebih pedas, Anda masih bisa menambahkan sambal.


4. Mangut Beong Asli Borobudur

6 Rekomendasi Kuliner Enak dan Autentik di Sekitar Candi Borobudur

Foto/Instagram @ejakhoirul

Salah satu kuliner enak di dekat Candi Borobudur yaitu mangut beong asli Borobudur. Anda bisa mampir ke tempat penjual menu ini yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro, Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Mangut adalah sejenis gulai khas daerah Jawa (Yogyakarta, Semarang, Pati). Kuahnya terbuat dari santan dan rempah-rempah. Kuah mangut biasanya berisi lele. Tetapi, ada juga yang menggunakan ikan manyung, iwak pe, belut, hingga gabus.

Jika penasaran dengan rasanya, Anda dapat berkunjung ke Rumah Makan Sehati yang lokasinya hanya 4 kilometer dari Candi Borobudur.

5. Saung Makan Bu Empat

Lokasinya berada di Jalan Raya Borobudur, Ngrajek II, Magelang. Tempat makan ini tak boleh Anda lewatkan setelah berkunjung ke Candi Borobudur.

Di sini tersedia berbagai menu yang menggugah selera seperti seafood, ikan, hingga masakan tradisional lain khas Magelang. Selain itu pemandangan yang ditawarkan adalah spot pedesaan.

6. Nasi Lesah

6 Rekomendasi Kuliner Enak dan Autentik di Sekitar Candi Borobudur

Foto/Gundulpacul999

Saat mampir ke kawasan Candi Borobudur, Anda dapat mencoba nasi lesah. Salah satu tempat paling terkenal yang menjual kudapan tersebut yaitu warung Nasi Lesah Pak Badut.

Sekilas nasi lesah hampir mirip dengan soto. Perbedaannya adalah, makanan ini tidak bewarna, namun sedikit pucat karena menggunakan santan kelapa segar. Tekstur kuahnya pun lebih kental. Rasanya gurih, beraroma sedap, dan cocok disantap saat cuaca sedang dingin.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)