Ini Cara Mengobati Luka Bakar yang Tepat, Bukan Pakai Pasta Gigi

Sabtu, 29 Juli 2023 - 17:50 WIB
loading...
Ini Cara Mengobati Luka Bakar yang Tepat, Bukan Pakai Pasta Gigi
Cara mengobati luka bakar yang tepat belum diketahui masyarakat. Banyak yang percaya luka bakar bisa diobati dengan mengoleskan pasta gigi hingga tepung terigu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengobati luka bakar yang tepat masih belum diketahui oleh sebagian masyarakat. Sebab, banyak yang percaya luka bakar bisa diobati dengan mengoleskan pasta gigi hingga menaburkan tepung terigu.

Beberapa masyarakat juga percaya bahwa mengampres luka bakar dengan es batu bisa membantu mengobati kulit yang terluka. Meski terasa dingin, namun kebiasaan ini akan memperlambat aliran darah ke area luka.

Selain itu, es juga dipercaya bisa merusak jaringan kulit. Sementara itu, kandungan menthol pada pasta gigi dipercaya akan memberikan efek dingin lebih lama. Namun, hanya bersifat sementara dan bisa memicu timbulnya infeksi pada luka.

Sedangkan, penggunaan tepung terigu untuk pengobatan luka bakar tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan infeksi dan belum adanya penelitian pasti. Ketiga kebiasaan ini tanpa disadari bisa menyebabkan infeksi dan kerusakan kulit secara permanen.



Sebagai pertolongan pertama luka bakar, CNI Nutrimoist hadir dengan krim multiguna yang diformulasikan dengan menggunakan kandungan herbal alami. Adapun bahan yang digunakan terdiri dari panax ginseng yang bisa membantu mengeringkan luka basah.

Polygonum multiflori untuk meredakan nyeri akibat bisul dan luka serta berfungsi sebagai bahan antiseptik. Polygonum cuspidatum sieb yang bisa mengurangi rasa panas akibat luka bakar, dan angelicae sinensis yang bisa melancarkan aliran darah serta melembabkan kulit.

Sebagai antiseptic agent yang akan membunuh kuman dan bakteri, sekaligus mencegah agar tidak berkembang biak, kandungan nutrisinya membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru. Sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Dengan kemasan yang praktis, krim ini dapat digunakan oleh balita hingga dewasa.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)