Makanan Ini Terbukti Bisa Membunuh Sel Kanker dalam 3 Hari

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:20 WIB
loading...
Makanan Ini Terbukti Bisa Membunuh Sel Kanker dalam 3 Hari
Penelitian terbaru menemukan bahwa makanan tertentu bisa membunuh sel kanker dalam tiga hari. Ada bukti kuat gaya hidup sehat dapat mengubah penyakit ini. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan bahwa makanan tertentu bisa membunuh sel kanker dalam tiga hari. Tidak semua kasus kanker dapat dicegah, tetapi ada bukti kuat bahwa gaya hidup sehat dapat mengubah perjalanan penyakit ini.

Menurut beberapa penelitian, satu makanan super dapat membunuh 65 persen sel kanker dalam tiga hari dengan meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Wheatgrass (rumput gandum) misalnya, telah terbukti mengurangi sel kanker darah hingga 65 persen dalam hitungan hari.

Wheatgrass telah menarik banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena implikasi kesehatannya yang luas. Ahli gizi Alice Williams mengatakan wheatgrass adalah rumput muda dari tanaman gandum biasa.

“Itu bisa dimakan mentah atau dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tetapi paling sering digunakan dalam bubuk dan dimasukkan ke dalam hal-hal seperti smoothie dan jus,” kata Alice dilansir dari Express, Jumat (4/8/2023).



"Ini telah digunakan oleh petani sebagai pakan ternak selama bertahun-tahun, tetapi baru-baru ini muncul sebagai makanan super karena manfaat kesehatannya yang mengesankan, dikemas dengan vitamin, mineral, protein, dan antioksidan,” sambungnya.

Wheatgrass memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar berkat antioksidannya seperti glutathione, vitamin C, dan vitamin E. Setelah dikonsumsi, antioksidan menangkal radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi kadar stres oksidatif, memberi mereka peran dalam pencegahan kanker.

Efek ini kondusif untuk menciptakan lingkungan yang kurang rentan menjadi kanker. Selain untuk meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol, semakin banyak penelitian yang menunjukkan wheatgrass memiliki sifat antikanker.

Dalam satu studi tabung reaksi, wheatgrass terbukti menginduksi kematian sel dan mengurangi jumlah sel leukemia hingga 65 persen dalam tiga hari pengobatan. Temuan ini diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences.



Di mana kematian sel leukemia meningkat seiring waktu setelah terpapar gandum, masing-masing selama 24, 48 dan 72 jam. Para ilmuwan telah menemukan bahwa wheatgrass memiliki struktur yang mirip dengan hemoglobin, yang merupakan protein yang membawa oksigen ke seluruh darah.

“Jadi, wheatgrass dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Karena sel kanker tumbuh paling baik dalam kondisi kekurangan oksigen, peran wheatgrass adalah meningkatkan kadar oksigen sehingga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker,” ujarnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)