6 Kebiasaan Makan yang Bikin Tekanan Darah Tinggi, Salah Satunya Konsumsi Gorengan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 19:00 WIB
loading...
6 Kebiasaan Makan yang Bikin Tekanan Darah Tinggi, Salah Satunya Konsumsi Gorengan
Beberapa kebiasaan makan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Salah satunya konsumsi gorengan berlebihan yang bahkan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa kebiasaan makan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi . Salah satunya konsumsi gorengan berlebihan yang bahkan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari lantaran rasanya yang enak.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bahaya di balik kebiasaan makan mereka yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi . Padahal, penyakit yang juga dikenal sebagai hipertensi ini dapat merusak arteri dengan membuatnya kurang elastis.

Kondisi ini bisa menurunkan aliran darah dan oksigen ke jantung, yang pada akhirnya memicu penyakit jantung. Pola makan yang buruk bisa menjadi penyebab berbahaya bagi tekanan darah tinggi.

Kebiasaan Makan yang Bikin Tekanan Darah Tinggi



Berikut kebiasaan makan yang menyebabkan tekanan darah tinggi dilansir dari Express, Sabtu (5/8/2023).



1. Terlalu Banyak Konsumsi Garam


Mengonsumsi terlalu banyak garam, atau natrium, dapat menyebabkan retensi cairan dan memberi tekanan hingga ketegangan ekstra pada pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Daging olahan seperti bacon, sosis, daging deli, sup kalengan, makanan cepat saji, camilan asin, dan bumbu seperti kecap dan saus salad, seringkali tinggi sodium. Kelebihan natrium dalam makanan ini dapat menyebabkan retensi cairan dan membebani pembuluh darah.

2. Kurang Konsumsi Potasium


Kalium dapat menangkal efek berbahaya dari natrium, membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Ketika kekurangan kalium, keseimbangan natrium-kalium terganggu, yang dapat menyebabkan peningkatan retensi natrium dan tekanan darah tinggi.

Makanan yang mengandung potasium seperti alpukat, pisang, kentang, kacang-kacangan, bayam, buah-buahan kering dan banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)