7 Cara Merawat Gigi Palsu, Nomor 4 Pastikan Dilepas Sebelum Tidur

Minggu, 06 Agustus 2023 - 22:06 WIB
loading...
7 Cara Merawat Gigi Palsu, Nomor 4 Pastikan Dilepas Sebelum Tidur
Gigi palsu menjadi salah satu alternatif untuk mengganti gigi asli yang hilang. Namun, gigi palsu juga membutuhkan perawatan untuk menghindari bau mulut. Foto/ phillydentidtry.
A A A
JAKARTA – Gigi palsu menjadi salah satu alternatif untuk mengganti gigi asli yang hilang. Namun, sekarang ini, gigi palsu tidak sekadar pengganti gigi asli, juga dirancang untuk meningkatkan penampilan.

Apa pun itu, gigi palsu perlu mendapat perawatan teratur juga agar kebersihannya tetap terjaga. Ini karena plak dan makanan yang menempel pada gigi palsu bisa menumpuk dan memicu terjadinya bau mulut.



Dilansir dari Healthline pada Minggu (6/8/2023), berikut cara merawat gigi palsu:

1. Untuk mencegah penumpukan sisa-sisa makanan, lepaskan dan bilas gigi palsu menggunakan air hangat, utamanya setelah makan dan minum.

2. Gigi palsu yang mempunyai sifat mudah pecah tersebut maka harus ditangani secara hati-hati.

3. Jangan mengolesi pasta gigi atau produk pemutih gigi pada gigi palsu. Pasalnya, pada beberapa produk pasta gigi mengandung bahan kimia yang terlalu keras untuk pasta gigi sehingga pasta gigi abrasif dapat menyebabkan goresan dan pada produk pemutihnya akan justru malah mengubah warna gigi.



4. Jangan tidur menggunakan gigi palsu.

5. Jangan pernah merendam gigi palsu di air panas karena akan mengubah bentuk gigi. Sebaiknya rendam gigi palsu di air hangat atau air dingin.

6. Jika perbaiki gigi palsu yang patah atau rusak sendiri karena bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada gigi yang dapat dilepas.

7. Jika menggunakan perekat gigi palsu, ikuti instruksi yang ada dan lepaskan perekat dari gigi palsu setiap malam dengan sikat gigi berbulu lembut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)