4 Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi

Selasa, 08 Agustus 2023 - 12:21 WIB
loading...
4 Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi
Ada sejumlah suplemen yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol tinggi karena dapat memicu masalah kesehatan lain. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah suplemen yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol tinggi . Alih-alih menambah nutrisi, beberapa jenis suplemen justru bisa memunculkan masalah kesehatan lain.

Bukan tanpa alasan, suplemen tersebut tidak dianjurkan karena minimnya data yang menyebutkan kaitannya dalam membantu menurunkan kolesterol. Beberapa di antaranya justru mengatakan bisa memunculkan masalah kesehatan lain.

Sebenarnya cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan banyak hal. Sebut saja dari pergantian pola makan, olahraga cukup, berhenti merokok, hingga mengonsumsi sejumlah suplemen yang dianjurkan ahli.

Cukup banyak suplemen di pasaran yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol seseorang. Meski demikian, tidak semuanya terbukti benar. Maka perlu diperhatikan juga pemilihannya dengan teliti.

Di sisi lain, konsumsi suplemen tertentu memang bisa mendukung penurunan kadar kolesterol jahat. Namun, terdapat beberapa di antaranya yang kurang cocok dan justru bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.



Dilansir dari Eating Well, berikut sejumlah suplemen yang tidak boleh dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi.

Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

1. Suplemen Kombinasi

Sejumlah produk suplemen yang tersebar mengandung berbagai kombinasi bahan untuk mengontrol kadar kolesterol sehat. Jenis suplemen ini mungkin mengandung ekstrak minyak, niasin, dan magnesium.

Namun, perlu diketahui bahwa suplemen ini sejatinya ditujukan untuk orang yang memiliki kadar kolesterol normal atau sehat. Sedangkan bagi seseorang dengan kolesterol tinggi, jenis suplemen ini kurang cocok.

2. Suplemen Kalium

Kalium merupakan mineral penting yang menjaga keseimbangan cairan dalam sel. Kandungan ini juga banyak dikaitkan dengan kondisi kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagi seorang pengidap tekanan darah tinggi, tak jarang mereka juga memiliki kolesterol tinggi. Apabila Anda diberikan resep obat untuk membantu menurunkan tekanan darah, suplemen kalium mungkin tidak aman.

ACE inhibitor dapat mengurangi ekskresi kalium urin dan bisa menyebabkan hiperkalemia. Maka, alih-alih menggunakan suplemen, fokuslah pada perawatan kolesterol tinggi lain seperti mengubah pola makan yang lebih sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)