7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Rabu, 09 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar restoran hot pot memiliki bar bumbu dengan saus dan hiasan seperti saus sha cha (saus barbekyu yang berasal dari sate), kecap manis, cuka putih, cuka hitam, pasta wijen, bawang putih, daun ketumbar, cabai, lobak putih, dan biji wijen.

4. Sopa de Lima, Meksiko (4.7)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/Freepik

Hidangan tradisional dari Semenanjung Yucatan di Meksiko, sopa de lima, adalah sup ayam dan tomat yang pedas namun lezat. Meskipun nama hidangannya mungkin membuat seseorang berpikir bahwa jeruk limau adalah bahan utama dalam hidangan ini, tapi sup ini diberi cita rasa oleh jeruk limau Yucatan yang unik dan berasa pahit manis, serta cabai habanero yang pedas.

Karena jeruk limau Yucatan yang asli tersebar di seluruh semenanjung, tidak mengherankan kalau jeruk limau ini digunakan dalam banyak resep masakan Yucatecan.

3. Tom Kha Gai, Thailand (4,7)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/Freepik

Tom kha gai adalah hidangan nasional lezat dari Thailand yang berasal dari Thailand Utara dan dipengaruhi oleh negara tetangga, Laos. Rasa galangal yang pedas, tajam, sedikit asam, dan bunga memberikan kontras menarik dengan kekriman santan kelapa, menciptakan hidangan yang sangat aromatik.

Tom kha gai sangat bergizi dengan sifat penyembuh yang baik, seperti kemampuannya untuk meredakan saluran pencernaan.

2. Tonkotsu Ramen, Jepang (4,7)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/Freepik

Tonkotsu adalah ramen yang terdiri dari kuah kaldu babi yang sangat kaya dan berlemak, mi segar, telur dengan kuning telur yang lembut, serta perut babi yang lembut dan meleleh di mulut. Rasanya begitu populer dan istimewa sehingga bisa menjadi hidangan sendiri, bukan hanya tipe ramen.

Ramen ini biasanya dihiasi dengan daun bawang untuk memberikan kesegaran, rebung bambu untuk cita rasa renyah dan kacang, rumput laut nori untuk kerenyahan, serta jagung manis untuk meningkatkan cita rasa. Kaldu yang kaya ini dikembangkan dengan memasak tulang babi untuk waktu yang sangat lama, hingga kolagen dan lemaknya larut, menghasilkan tekstur unik serta krimi pada hidangan ini.

1. Rawon, Indonesia (4,8)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/Freepik

Rawon adalah hidangan unik Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup yang kaya rasa ini biasanya terbuat dari daging sapi yang direbus perlahan dan bahan-bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kunci dari hidangan ini adalah buah kluwek, yang dikenal sebagai biji hitam Indonesia.

Bumbu tersebut sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Biji kluwek ini digiling bersama bahan-bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan ini rasa asam yang khas serta warna hitam pekat nan unik.

Asal-usul hidangan ini dipercayai berasal dari Kota Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur. MG/Thesalonika Alvina
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)