7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Rabu, 09 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
7 Sup Terenak yang Memikat...
Rawon adalah hidangan unik Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup yang kaya rasa ini biasanya terbuat dari daging sapi yang direbus perlahan dan bahan-bahan tradisional. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Sup menjadi lambang kenyamanan dan kehangatan bagi banyak orang di seluruh dunia. Penikmatnya pun telah melintasi batas budaya dan bahasa. Di setiap sudut dunia, kita dapat menemukan berbagai jenis sup dengan cita rasa serta bahan-bahan lokal yang unik.

Dari sup khas Asia hingga sup gurih Eropa, atau dari sup pedas Amerika Latin hingga sup kental dan aromatik dari Timur Tengah, setiap variasi sup menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Berikut adalah 7 sup terenak di dunia.

7. Bori-Bori, Paraguay (4,7)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/TasteAtlas

Bori-bori (vori-vori) merupakan sup kaya rasa dari Paraguay yang berisi daging (sapi atau ayam), bola-bola adonan ringan yang terbuat dari campuran tepung jagung dan keju, serta sayuran seperti wortel, seledri, dan bawang. Sup ini diberi cita rasa oleh daun salam, cengkeh, dan peterseli. Sementara itu, saffron memberikan warna kuning keemasan yang khas.



Disarankan untuk menyajikan bori-bori dalam keadaan hangat, taburi dengan peterseli dan disertai keju parmesan yang diparut di sisi. Sup ini kaya akan nutrisi dan variasinya beragam, termasuk salah satunya yang ditambahkan dengan potongan ayam panggang.

6. Ciorba Radauteana, Rumania (4.7)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/Freepik

Ciorba radauteana adalah sup tradisional dari Rumania. Sup ini dibuat dari campuran daging ayam, bawang, paprika merah manis, seledri, wortel, air jeruk lemon, bawang putih, peterseli, dan krim asam. Bahan-bahannya direbus dengan api sedang hingga daging dan sayurannya menjadi empuk.

Sup ini memiliki rasa yang cukup asam karena ditambahkan air jeruk lemon. Di Rumania, ciorba radauteana sangat dihargai karena dianggap sebagai obat untuk mengobati pusing setelah mabuk dan sering digunakan untuk mengatasi gejala pilek biasa.

5. Hot Pot Taiwan, Taiwan (4.7)

7 Sup Terenak yang Memikat Lidah Dunia, Rawon Termasuk

Foto/iStock

Hot pot Taiwan tidak memiliki resep baku, namun terdiri dari kuah kaldu dan berbagai bahan yang dimasak di dalamnya, kemudian dicelupkan ke dalam saus pelengkap sebelum disantap. Kuah kaldu dapat dibuat dari bonito dan kombu, ramuan China, kubis acar, tulang babi, susu, miso, atau kimchi.



Bahan-bahan yang dimasak di dalamnya sering meliputi sayuran akar, tahu, dumpling, fish cake, talas goreng, atau daging yang diiris tipis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)