5 Makanan yang Harus Dihindari saat Menikmati Teh atau Kopi

Rabu, 09 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
5 Makanan yang Harus Dihindari saat Menikmati Teh atau Kopi
Saat menikmati secangkir teh atau kopi, banyak dari kita merasa ingin menemani minuman favorit tersebut dengan camilan maupun makanan lain. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Saat menikmati secangkir teh atau kopi, banyak dari kita merasa ingin menemani minuman favorit tersebut dengan camilan maupun makanan lain. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua makanan cocok dikonsumsi bersama teh atau kopi.

Beberapa makanan dapat mengurangi kenikmatan minuman tersebut atau bahkan mempengaruhi kesehatan kita.

Inilah 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat menikmati teh atau kopi.

1. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai, sambal, atau hidangan berbumbu kuat sebaiknya dihindari saat menikmati teh atau kopi. Rasa pedas dapat menyebabkan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan yang mungkin mengganggu kenikmatan dari teh atau kopi yang seharusnya menenangkan.

Selain itu, kombinasi rasa pedas dan panas dari makanan juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.


2. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang tinggi lemak seperti gorengan, kue berlemak, atau makanan berat berlemak sebaiknya tidak dikonsumsi bersama teh atau kopi. Minuman tersebut memiliki sifat diuretik yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi bersama makanan berlemak tinggi.

Selain itu, lemak tinggi juga dapat menyebabkan perut terasa kembung atau berat setelah menyantap teh atau kopi.

3. Makanan Manis

Gula berlebihan dalam makanan manis dapat mengurangi kenikmatan teh atau kopi. Saat makanan manis dikonsumsi bersama minuman tersebut, rasa manisnya dapat mengalihkan perhatian dari kompleksitas cita rasa teh atau kopi.

Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan membuat merasa lelah atau kurang berenergi.


4. Buah-Buahan Asam

Makan buah-buahan asam seperti jeruk dan lemon bersama teh atau kopi dapat mengganggu rasa minuman tersebut. Rasa asam dari buah-buahan bisa menyebabkan sensasi pahit atau perubahan rasa dalam teh atau kopi.

Sebagai ganti, Anda bisa memilih camilan yang lebih netral atau manis untuk menemani minuman tersebut.

5. Makanan dengan Rasa yang Terlalu Kuat

Makanan dengan rasa yang sangat kuat seperti bawang putih, bawang bombay, atau makanan beraroma kuat lain sebaiknya tidak dikonsumsi bersama teh dan kopi. Rasa kuat ini dapat menyelinap ke dalam teh atau kopi dan mengubah karakteristik rasa dari minuman tersebut. MG/Mutia Talitha Ramadhani
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)