Apakah Penderita Asam Urat Bisa Makan Mi Instan? Ini yang Penting Diperhatikan

Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:32 WIB
loading...
Apakah Penderita Asam Urat Bisa Makan Mi Instan? Ini yang Penting Diperhatikan
Penderita asam urat wajib menghindari makanan yang tinggi purin. Apakah mi instan termasuk? Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Apakah penderita asam urat bisa makan mi instan? Untuk menjawabnya, kita perlu tahu dulu apakah mi instan mengandung purin yang tinggi. Pasalnya, penderita asam urat wajib menghindari makanan yang tinggi purin.

Mi merupakan makanan yang umum disantap oleh masyarakat. Namun, banyak orang bertanya-tanya, jika menderita asam urat, bolehkah memakan mi instan?

Mi sendiri diketahui memiliki kadar purin yang rendah. Namun, mi instan di pasaran kerap menambahkan bahan-bahan lain yang mungkin saja mengandung purin tinggi seperti seafood atau kaldu ayam. Meski pada kenyataannya, bahan tersebut hanya disisipkan sedikit saja pada si mi instan.



Mengutip situs Inf.news, Rabu (9/8/2023), kandungan purin pada mi instan hanya 19,8mg/100g atau masuk kategori rendah. Namun, kandungan purin pada olahan mi instan sangat bergantung dari cara memasaknya. Jangan sampai saat masak mi, Anda malah menambahkan makanan tinggi purin ke dalamnya.

Lantas, bila penderita asam urat ingin makan mi instan, apa saja yang harus diperhatikan?

1. Jangan Tambahkan Makanan Tinggi Purin saat Masak Mi

Untuk rasa dan nutrisi yang lebih baik, kita sering kali menggunakan kaldu yang terbuat dari tulang ayam, tulang bebek, udang, kerang, jeroan, daging sapi, dan sebagainya. Padahal, semua bahan tersebut kandungan purinnya tinggi. Ini yang harus dihindari.

2. Makan Lebih Sedikit Mi dengan Tinggi Garam

Bumbu mi instan umumnya mengandung garam yang tinggi. Asupan garam yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.



Orang dengan asam urat lebih mungkin menderita hipertensi daripada orang normal. Untuk mengurangi risiko asam urat yang dikombinasikan dengan hipertensi, disarankan agar penderita asam urat makan sesedikit mungkin mi dengan kandungan natrium atau garam yang tinggi.

3. Kurangi Makan Mi Instan yang Digoreng

Mi instan sebagian besar dibuat dengan cara digoreng, di mana kandungan lemaknya bisa mencapai di atas 20%. Hal ini akan meningkatkan risiko hiperlipidemia atau kolesterol tinggi pada penderita asam urat. Diketahui, kolesterol tinggi merupakan salah satu pemicu kekambuhan pada asam urat.

4. Tidak Menambahkan Bumbu Pedas

Banyak orang suka menambahkan bumbu pedas seperti cabai dan merica ke dalam mi agar rasanya lebih nikmat. Namun, bumbu pedas sangat mengiritasi sehingga dapat menyebabkan "kegugupan" saraf otonom dan menyebabkan asam urat. Karena itu, sebaiknya penderita asam urat makan lebih sedikit atau tidak ada sama sekali bumbu yang mengiritasi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)