Apa Benar Rendam Kaki dengan Es Bisa Sembuhkan Asam Urat?

Rabu, 09 Agustus 2023 - 17:14 WIB
loading...
Apa Benar Rendam Kaki dengan Es Bisa Sembuhkan Asam Urat?
Sebagian orang percaya rendam kaki dengan es bisa menyembuhkan asam urat. Asam urat merupakan radang sendi yang terjadi karena penumpukan kristal asam urat. Foto/Footpodiatrist
A A A
JAKARTA - Sebagian orang percaya bahwa rendam kaki dengan es bisa menyembuhkan asam urat . Asam urat sendiri merupakan radang sendi yang terjadi karena penumpukan kristal asam urat.

Asam urat bisa menyerang sendi mana pun di tubuh. Mulai dari jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Biasanya, serangan asam urat terjadi secara tiba-tiba dan terasa menyakitkan. Tak hanya sakit, sendi yang terkena biasanya akan bengkak serta panas.

Untuk mengatasi kondisi ini, banyak penderita asam urat merendam kaki dengan es lantaran dipercaya bisa menyembuhkan. Namun, faktanya adalah sebaliknya.



Guru Besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, mengatakan merendam kaki dengan es tidak bbisa menyembuhkan asam urat.

Prof Ari bahkan mengatakan bahwa metode tersebut sama sekali tidak benar. "Hoaks," kata Prof Ari dikutip dari situs resmi FKUI, Rabu (9/8/2023).

Menurut Prof Ari, sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah dan penelitian yang mendukung klaim tersebut. “Sampai saat ini nggak ada yang mendukung klaim itu,” jelas Prof Ari.

Sementara itu, asam urat bisa diobati dengan mengonsumsi obat dan memperbaiki gaya hidup seperti menghindari makanan dan minuman tinggi purin yakni jeroan, makanan laut hingga alkohol.



Dilansir dari Mayo Clinic, obat asam urat tersedia dalam dua jenis dan fokus pada dua masalah berbeda. Jenis pertama membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan serangan asam urat.

Sedangkan jenis kedua berfungsi untuk mencegah komplikasi asam urat dengan menurunkan jumlah asam urat dalam darah. Jenis obat mana yang tepat bergantung pada frekuensi dan tingkat keparahan gejala, bersamaan dengan masalah kesehatan lain.

Di sisi lain, diet asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Diet asam urat bukanlah obatnya. Tapi itu bisa menurunkan risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat perkembangan kerusakan sendi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)