Minum Air Kelapa Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lemak Jahat Langsung Hilang

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 07:40 WIB
loading...
Minum Air Kelapa Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lemak Jahat Langsung Hilang
Penelitian terbaru menemukan bahwa minum air kelapa bisa menurunkan kolesterol tinggi yang efeknya sama seperti obat. Minuman ini juga bisa menyehatkan jantung. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan bahwa minum air kelapa bisa menurunkan kolesterol tinggi yang efeknya sama seperti obat. Minuman ini juga terbukti bisa menyehatkan jantung.

Seperti diketahui, kolesterol jahat umumnya menjadi penyebab sebagian besar serangan jantung dan stroke. Air kelapa juga mempertahankan kadar kolesterol baik sambil berjuang melawan kolesterol jahat.

Studi juga menunjukkan bahwa efek minum air kelapa mirip dengan efek lovastatin, obat yang menghambat penumpukan kolesterol di arteri. Air kelapa juga dikenal untuk mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Express, Jumat (11/8/2023) ini dicapai dengan tingkat antioksidan dan sensitivitas insulin.



Satu studi pada 2008 menemukan bahwa air kelapa menurunkan kadar kolesterol pada tikus. Alasan mengapa air kelapa menurunkan kolesterol tinggi karena kandungan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang normal atau tinggi.

Seperti pengobatan lain untuk berbagai kondisi, diperlukan lebih banyak penelitian tentang dampak air kelapa terhadap kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, para ahli merekomendasikan diet sehat seperti mengurangi asupan garam hingga kurang dari enam gram sehari, setara dengan satu sendok teh. Selain itu, makan makanan rendah lemak dan seimbang juga dianjurkan.

Sehubungan dengan makan dengan baik, berolahraga juga berada di urutan teratas untuk menurunkan kolesterol. Disarankan untuk tetap bergerak aktif dengan olahraga minimal dua setengah jam seminggu.



Berhenti merokok dan mengurangi jumlah alkohol yang diminum seseorang per minggu juga ampuh untuk menurunkan kolesterol. Kedua tindakan ini, memiliki manfaat jangka panjang.

Begitu juga efek samping dari diet seimbang dan peningkatan olahraga, bisa membantu menurunkan berat badan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)