Polusi Udara di Jakarta Buruk, IDI Sarankan WFH demi Kesehatan

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 10:49 WIB
loading...
Polusi Udara di Jakarta Buruk, IDI Sarankan WFH demi Kesehatan
Polusi udara di Jakarta akhir-akhir ini memburuk hingga mengancam kesehatan warga. Pakar IDI Profesor Zubairi Djoerban pun meyoroti hal tersebut. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Polusi udara di Jakarta akhir-akhir ini memburuk hingga mengancam kesehatan warga. Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban pun meyoroti hal tersebut.

Melalui akun Twitter pribadinya, Prof Zubairi mengatakan sudah saatnya mencari solusi serius untuk mengatasi polusi udara yang terjadi di Jakarta. Terlebih, cuaca saat ini terasa panas.

"Berkaitan dengan kualitas udara buruk dan cuaca panas yang terjadi, sudah saatnya kita mempertimbangkan berbagai solusi serius," tulis Prof Zubairi dikutip Jumat (11/8/2023).

Adapun solusi yang disarankan Prof Zubairi adalah penyesuaian jam kerja menjadi empat hari dalam seminggu. Dia juga mengusulkan untuk work from home (WFH) seperti saat pandemi Covid-19 yang terbukti bisa membuat kualitas udara membaik.



"Misalnya dilakukan penyesuaian jam bekerja, yang mungkin bisa menerapkan sistem empat hari bekerja dalam seminggu," kata Prof Zubairi.

"Saya setuju dengan usulan WFH yang sebelumnya pernah diterapkan saat pandemi Covid-19. Saat itu kualitas kerja rasanya tetap bagus dan dilaporkan juga bahwa kualitas udara kita jadi membaik," sambungnya.

Pada 2020, kondisi udara di Jakarta dilaporkan membaik. Bahkan, peningkatan kualitas udara mencapai 50 persen dibandingkan 2019.

Selain bisa mengurangi polusi udara di Jakarta, Prof Zubairi menjelaskan bahwa penerapan empat hari kerja juga baik untuk pekerja. Hal ini pun sudah terbukti melalui penelitian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4338 seconds (0.1#10.140)