12 Penyebab Asam Urat dari Makanan hingga Kebiasaan yang Harus Dihindari

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 07:05 WIB
loading...
12 Penyebab Asam Urat dari Makanan hingga Kebiasaan yang Harus Dihindari
Penyebab asam urat bisa dari makanan hingga kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Tak semua orang menyadari hal ini, dan telah menjadikannya sebuah kebiasaan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab asam urat bisa dari makanan hingga kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Sayangnya, tak semua orang menyadari hal ini, dan bahkan telah menjadikannya sebuah kebiasaan sehari-hari.

Padahal, ada penyebab asam urat yang bisa dan harus Anda kendalikan untuk mencegah serangan asam urat terjadi. Namun, penting untuk diketahui bahwa pemicu asam urat berbeda pada setiap orang.

Beberapa orang bisa makan steak atau minum bir sesekali tanpa masalah. Sedangkan yang lain tidak bisa mentolerir keduanya hingga menyebabkan serangan asam urat. Jadi, Anda perlu mengetahui hal-hal yang memicu asam urat untuk menghindarinya.

Penyebab Asam Urat dari Makanan hingga Kebiasaan yang Harus Dihindari



Berikut penyebab asam urat dari makanan hingga kebiasaan yang harus dihindari dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (12/8/2023).



12 Penyebab Asam Urat dari Makanan hingga Kebiasaan yang Harus Dihindari

Foto/Infografis Asam Urat

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin


Makanan tinggi purin dapat memicu serangan asam urat. Tetapi itu bukan penyebab yang mendasarinya. Makanan yang salah bisa memicu serangan asam urat, tetapi pasien harus cenderung mengalami serangan dengan memiliki asam urat tinggi dengan endapan asam urat di persendian. Contoh makanan tinggi purin termasuk daging merah, dan makanan laut.

2. Alkohol


Minum alkohol jenis apa pun dapat memicu serangan asam urat karena menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat dan dapat mengakibatkan penumpukan. Minuman beralkohol purin tinggi, seperti bir, juga dapat menyebabkan kadar asam urat yang lebih tinggi, faktor risiko asam urat lainnya.

3. Kegemukan atau Obesitas


Menjadi gemuk melipatgandakan kemungkinan Anda terkena asam urat. Obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi adalah kondisi yang biasa terlihat bersamaan dan jika ada pada pasien yang sama disebut sebagai sindrom metabolik. Pasien dengan kondisi ini seringkali juga mengalami peningkatan asam urat dalam darahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)