5 Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Gula Darah Tinggi

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 09:35 WIB
loading...
5 Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Gula Darah Tinggi
Ada beberapa suplemen yang tidak boleh dikonsumsi penderita gula darah tinggi. Deretan suplemen ini wajib Anda pertimbangkan kembali jika menderita diabetes. Foto/Eat This Not That
A A A
JAKARTA - Ada beberapa suplemen yang tidak boleh dikonsumsi penderita gula darah tinggi . Deretan suplemen ini wajib Anda pertimbangkan kembali jika menderita diabetes lantaran bisa menyebabkan glukosa dalam darah naik dan dapat mengganggu pengobatan tertentu.

Dalam hal pengelolaan diabetes , gaya hidup memainkan peran utama dalam pengelolaan gula darah dan kesehatan secara keseluruhan. Suplemen dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan nutrisi saat tidak dapat memenuhi kebutuhan melalui makanan atau jika Anda kekurangan.

Penting untuk meminum suplemen dengan hati-hati. Selain itu, jangan pernah mengonsumsinya tanpa pengawasan dari ahli diet atau dokter. Jika suplemen tidak dikonsumsi dengan hati-hati dapat menimbulkan efek samping, terlebih jika memiliki kondisi kesehatan lainnya.

Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Gula Darah Tinggi



Berikut suplemen yang tidak boleh dikonsumsi penderita gula darah tinggi dilansir dari Eating Well, Sabtu (12/8/2023).



5 Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Gula Darah Tinggi

Foto/Infografis SINDOnews

1. Chromium


Chromium adalah mineral yang ditemukan di sejumlah makanan, seperti daging, sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Kekurangan chromium dapat menyebabkan gula darah tinggi meski sangat jarang.

Jika Anda menderita diabetes dan mengonsumsi insulin atau obat oral lainnya yang ditujukan untuk mengurangi gula darah, mengonsumsi chromium dapat meningkatkan risiko hipoglikemia (gula darah rendah).

American Diabetes Association memperingatkan siapa pun dengan penyakit ginjal untuk tidak mengonsumsi chromium karena suplementasi dapat memperburuk penyakit ginjal. Suplemen chromium juga dapat mengganggu levothyroxine atau obat yang biasa digunakan untuk mengobati hipotiroidisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)