Mitos tentang Asam Urat yang Tidak Boleh Dipercaya, Benarkah hanya Dialami Penderita Obesitas?

Selasa, 15 Agustus 2023 - 07:01 WIB
loading...
Mitos tentang Asam Urat yang Tidak Boleh Dipercaya, Benarkah hanya Dialami Penderita Obesitas?
Mitos tentang asam urat begitu banyak dan ada yang tidak boleh dipercaya. Pasalnya, bisa memengaruhi masalah kesehatan. Foto/ wikimedia.
A A A
JAKARTA - Mitos tentang asam urat mungkin sudah sering didengar dan mudah ditemukan di internet.

Salah satunya, asam urat dianggap hanya dialami pria yang kelebihan berat badan karena hubungannya dengan makan makanan dan minum alkohol berlebih, di mana gaya hidup.



Namun, harus diketahui bahwa sebenarnya asam urat dapat menyerang siapa saja dan itu lebih umum daripada yang diperkirakan.

Dikutip CreakyJoints pada Senin (14/8/2023), berikut beberapa mitos asam urat yang tidak boleh dipercaya dan cek kebenarannya.

1. Mitos: asam urat adalah penyakit pria

Fakta: asam urat mempengaruhi pria dan wanita

Ya, asam urat lebih sering terjadi pada pria yang lebih muda daripada wanita muda. Menurut Mayo Clinic, ini karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.

Namun, setelah menopause, kadar asam urat wanita mendekati pria dan tingkat asam urat pada pria dan wanita menjadi sedikit lebih merata.

Itu sebabnya wanita yang mengalami asam urat cenderung menunjukkan tanda dan gejala setelah menopause, sedangkan pria lebih cenderung mengembangkan kondisinya lebih awal, biasanya di usia 30 dan 50 tahun.

Namun, meski asam urat lebih sering terjadi pada wanita yang lebih tua daripada wanita yang lebih muda dan pada pria yang lebih tua daripada pria yang lebih muda, perlu diingat bahwa siapa pun bisa terkena asam urat pada usia muda yang didiagnosis berusia 20an dan 30an.

2. Mitos: Hanya orang gemuk yang terkena asam urat

Fakta: Orang dengan berbagai berat badan bisa alami asam urat
Kadar asam urat cenderung lebih tinggi pada orang yang kelebihan berat badan. Menurut penelitian yang dipublikasikan di The Rheumatologist, mereka yang mengalami obesitas berrisiko asam urat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)