Waspada Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Tanda-tanda 5 Penyakit Ini

Selasa, 15 Agustus 2023 - 08:09 WIB
loading...
Waspada Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Tanda-tanda 5 Penyakit Ini
Sakit pinggang sebelah kiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Sakit pinggang sebelah kiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Tentu kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa jadi merupakan tanda telah munculnya suatu penyakit.

Buat sebagian orang, mungkin rasa nyeri yang muncul pada bagian pinggang berbeda-beda. Tapi, jika rasa nyeri itu timbul dan terasa hingga ke bagian tubuh lain seperti pangkal paha, bokong ataupun paha bagian belakang, itu bisa jadi karena ada gejala sakit pinggang sebelah kiri.


Alasan Pinggang Sebelah Kiri Sakit

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (15/8/2023), berikut alasan kenapa pinggang sebelah kiri sering kali terasa sakit.

1. Skiatika

Adanya tekanan saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Ciri khas pada skiatika adalah muncul rasa kesemutan yang disertai nyeri hebat serta menjalar dari bagian pinggang ke tungkai dan kaki.

2. Otot Tegang

Otot tegang bisa terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas berat. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit dan kaku pada bagian pinggang.

3. Cedera Fisik

Pada sebagian wanita, pinggang sebelah kiri akan terasa sakit jika terjadi kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid di rahim, dan kehamilan. Selain itu, pinggang sebelah kiri juga mungkin akan terasa sakit jika terjadi patah tulang pada bagian panggul, dan tulang di sekitar pinggang pun akan terasa nyeri.


4. Stenosis Spinal

Penyebab utama stenosis spinal adalah adanya perubahan kondisi tulang akibat penuaan yang membuat bantalan saraf tulang belakang menekan kepada saraf yang akhirnya menyebabkan nyeri. Kondisi ini juga akan menyebabkan kram, kebas, dan kelemahan pada bagian tubuh yang sarafnya tertekan.

5. Gangguan pada Ginjal

Karena letak ginjal dan pinggang berdekatan, maka jika terjadi gangguan ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, akan menyebabkan nyeri pada bagian pinggang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)