Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Awas Alami Batu Ginjal

Jum'at, 10 September 2021 - 08:38 WIB
loading...
Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Awas Alami Batu Ginjal
Sakit pinggang sebelah kiri bisa menandai masalah kesehatan seperti mengalami batu ginjal. Oleh karena itu, rasa sakit ini sebaiknya tidak boleh diabaikan. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Sakit pinggang sebelah kiri bisa menandai masalah kesehatan seperti mengalami batu ginjal . Oleh karena itu, rasa sakit ini sebaiknya tidak boleh diabaikan.

Sakit pinggang sebelah kiri ditandai dengan rasa nyeri yang tajam dan menusuk di bagian kiri pinggang. Kondisi ini bisa tidak bisa dianggap sepele, karena bisa jadi Anda mengidap suatu penyakit.

Dilansir dari kanal YouTube Alodokter, Kamis (9/9/2021), Dokter Willy menjelaskan bahwa sakit pinggang sebelah kiri umumnya disebabkan oleh gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat, sehingga menyebabkan cedera pada sisi kiri pinggang.

Berikut masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit pinggang sebelah kiri.


1. Otot tegang

Melakukan aktivitas berat yang melibatkan gerakan punggung, dapat menyebabkan otot punggung tertarik sehingga menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa pulih dan membaik setelah penderitanya beristirahat atau menjalani fisioterapi.

2. Skiatika

Skiatika disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dengan saraf tungkai. Hal ini bisa terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang atau gangguan pada tulang punggung sehingga menyebabkan saraf terjepit.

Salah satu ciri umum dari skiatika adalah munculnya kesemutan disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan hingga tungkai dan kaki.


3. Stenosis spinal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)