Meningkatkan Potensi Ekonomi Kebaya sebagai Pelestarian Budaya

Selasa, 15 Agustus 2023 - 23:55 WIB
loading...
Meningkatkan Potensi Ekonomi Kebaya sebagai Pelestarian Budaya
Kebaya merupakan budaya Indonesia yang dilestarikan. Ini dilakukan melalui Keppres no 19 tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional yang diperingati 24 Juli. Foto/tangkapan layar kanal YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Kebaya merupakan budaya Indonesia yang dilestarikan. Ini dilakukan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) no 19 tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional yang diperingati setiap 24 Juli.

Ketua Timnas Berkebaya Lana T Koentjoro mengatakan bahwa ditetapkannya Hari Kebaya Nasional ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

"Ini jadi kebanggaan bagi kita. Nanti kedepannya harus terus melestarikan kebaya," kagta Lana dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari Kanal YouTube Partai Perindo, Selasa (15/8/2023).

Lana menjelaskan bahwa kebaya sangat lekat dengan kehidupan, baik dikenakan anak-anak maupun orang dewasa. Bukan hanya di keseharian saja, terdapat juga hari-hari besar lainnya seperti Hari Kartini yang erat mengenakan pakaian tradisional dari Nusantara ini.

Di sisi lain, dengan adanya Hari Kebaya, perempuan-perempuan di Indonesia menjadi semakin dekat dan mengenal budaya sendiri. Serta mengenakannya pun bukan hanya di Hari Kartini saja, tapi sekarang terdapat hari khusus untuk melestarikannya.

"Dengan adanya Hari Kebaya Nasional ini, menjadi hari yang dikhususkan (untuk berkebaya)," jelasnya.

Selain itu, adanya side event HUT ke-78 RI yakni Istana Berkebaya yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2023, membuat budaya asli Indonesia ini semakin dikenal dunia. Sebab saat itu juga dipakai oleh para wanita perwakilan duta besar dari luar negeri.

Tak hanya itu saja, Indonesia Berkebaya juga disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta diikuti 401 peserta yang berlenggok di catwalk sepanjang 200 meter di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)