4 Air Rebusan Daun untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi, Dijamin Ampuh

Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:25 WIB
loading...
4 Air Rebusan Daun untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi, Dijamin Ampuh
Air rebusan daun salam berkhasiat untuk menurunkan gula darah tinggi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Menurunkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman air rebusan daun.

Beberapa air rebusan tanaman tertentu dipercaya dapat menurunkan gula darah. Hal ini karena dalam tanaman tersebut memiliki kandungan yang baik untuk menekan kadar gula darah .

Air rebusan dari tanaman herbal ini kerap digunakan untuk menambah khasiat dari air putih yang dikonsumsi sehari-hari. Ini karena pada dasarnya air putih adalah jenis minuman yang mudah didapat, aman dan berkhasiat tinggi untuk mencegah dan menurunkan kadar diabetes.

Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasan ini. Berikut air rebusan herbal yang dapat secara efektif menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Air Rebusan untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

1. Air Rebusan Daun Kelor


Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Nutrients pada tahun 2019, menyebutkan bahwa pemberian daun kelor pada hewan yang mengalami diabetes dapat menurunkan kadar gula darah serta memengaruhi kinerja hormon insulin.



Studi lain dari Journal of Food Science and Technology melakukan pemberian 7 gram daun moringa setiap hari selama 3 bulan untuk 30 wanita. Hasilnya kadar gula darah mengalami penurunan sekitar 13,5%.

2. Air Rebusan Kumis Kucing


Kumis kucing telah lama dipercaya oleh orang Indonesia sebagai obat herbal kaya akan khasiat. Manfaat paling populer adalah dapat mengobati asam urat dan diabetes.

Dilansir dari laman Alodokter Kemenkes, kumis kucing memiliki khasiat antidiabetes. Berarti tanaman tersebut dapat mendukung produksi hormon insulin dan meningkatkan fungsinya.

3. Air Rebusan Daun Salam


Sebuah penelitian yang tertuang dalam jurnal "Annals of Medicine and Surgery" menyebutkan bahwa ekstrak daun salam dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan berat badan pada mencit.

Selain itu, air rebusan daun salam juga mampu menurunkan risiko diabetes. Tak sampai di situ, daun salam juga punya kemungkinan untuk obat herbal bagi penderita diabetes tipe 2.

4. Air Rebusan Daun Kersen


Studi 2019 yang dirilis Asian Journal of Pharmaceutical melakukan percobaan penyuntikan ekstrak daun kersen dalam dosis yang berbeda-beda pada tikus dengan diabetes selama dua minggu. Hasilnya terdapat pengurangan kadar gula darah dan meningkatnya jumlah hormon insulin.

Menurut peneliti tersebut penurunan kadar glukosa darah ini disebabkan oleh senyawa flavonoid dalam daun kersen. Zat ini yang mampu meregenerasi atau memproduksi sel beta pankreas dan membantu merangsang pelepasan insulin.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3338 seconds (0.1#10.140)