Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dalam Beberapa Menit, Cukup Minum Teh

Rabu, 16 Agustus 2023 - 05:00 WIB
loading...
Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dalam Beberapa Menit, Cukup Minum Teh
Cara menurunkan gula darah tinggi dalam hitungan menit bisa dilakukan dengan minum teh. Minuman ini terbukti mengurangi kenaikan gula darah setelah makan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan gula darah tinggi dalam hitungan menit bisa dilakukan dengan minum teh. Minuman ini terbukti secara dramatis mengurangi kenaikan gula darah setelah makan dan efeknya terlihat dalam hitungan menit.

Gula darah tinggi adalah ancaman utama yang ditimbulkan oleh diabetes tipe 2. Sebaliknya, dengan memperbaiki pola makan, Anda dapat memperlambat laju penguraian makanan menjadi glukosa darah (gula) dan dapat memoderasi kenaikan gula darah .

Penelitian menunjukkan minum teh hitam dapat meningkatkan kontrol glikemik postprandial. Sederhananya, konsumsi teh hitam memperlambat laju kenaikan kadar gula darah setelah makan dan efek ini muncul dalam beberapa menit.

Dilansir dari Express, Rabu (16/8/2023) temuan ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.



Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dalam Beberapa Menit, Cukup Minum Teh

Foto/Infografis SINDOnews

Studi ini meneliti efek konsumsi teh hitam pada glukosa darah postprandial (pasca makan) dan respons insulin yakni hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur gula darah setelah pemuatan sukrosa pada subjek normal dan pra-diabetes.

Sukrosa adalah gula meja. 24 subjek penelitian, pria dan wanita berusia 20-60 tahun, normal dan pra-diabetes, secara acak menelan larutan sukrosa dengan teh hitam dosis rendah, teh hitam dosis tinggi atau minuman plasebo.

Sampel darah dikumpulkan pada 0, 30, 60, 90, dan 120 menit dari dimulainya konsumsi minuman untuk mengukur kadar glukosa darah dan insulin. Hasilnya, minuman yang mengandung teh hitam dosis rendah dan dosis tinggi secara signifikan menurunkan gula darah setelah asupan sukrosa.

Peneliti tidak menemukan perbedaan yang signifikan secara statistik dari perubahan kadar insulin antara kelompok plasebo dan kelompok teh hitam. Terkait temuan ini, peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi teh hitam dapat menurunkan glukosa darah postprandial setelah asupan sukrosa.



Untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali, Anda harus mengacu pada indeks glikemik (GI) yakni sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan karbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan glukosa darah secara cepat memiliki peringkat GI yang tinggi.

Adapun makanan GI tinggi meliputi gula dan makanan manis, minuman ringan manis, roti putih, kentang, dan nasi putih. Sebagai gantinya, Anda harus makan sayuran, kacang-kcangan dan gandum seperti bubur gandum yang rendah GI.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)