Air Kelapa Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Kandungan Gulanya Rendah

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 07:10 WIB
loading...
Air Kelapa Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Kandungan Gulanya Rendah
Air kelapa aman dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya rendah. Air kelapa mengandung karbohidrat, berbeda dengan daging kelapa tinggi lemak. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Air kelapa aman dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya rendah. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mengandung karbohidrat, berbeda dengan daging kelapa yang tinggi lemak.

Kadar mangan, vitamin C, potasium, magnesium, dan L-arginin yang tinggi dari air kelapa menghasilkan HbA1c, glukosa darah, dan tingkat stres oksidatif yang lebih rendah. Selain itu, mengandung zat yang membuat sel lebih sensitif terhadap insulin sehingga baik untuk penderita diabetes .

Dilansir dari Healthify, Sabtu (19/8/2023) air kelapa memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah yaitu 54 dan muatan glikemik 3. Oleh karena itu, umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun tidak mengandung gula tambahan, air kelapa memang memiliki gula alami. Sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat.



Air Kelapa Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Kandungan Gulanya Rendah

Foto/Infografis SINDOnews

Diabetes sendiri merupakan kondisi kronis dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh produksi insulin yang tidak mencukupi oleh pankreas atau penggunaan insulin yang tidak efisien oleh tubuh. Hormon yang disebut insulin mengontrol kadar gula darah.

Diabetes yang tidak terkontrol sering menyebabkan hiperglikemia. Hiperglikemia juga dikenal sebagai glukosa darah tinggi atau gula darah tinggi. Kondisi ini serius dan dapat membahayakan banyak sistem tubuh, termasuk neuron dan pembuluh darah.

Di sisi lain, air kelapa adalah minuman menyegarkan dan menghidrasi yang kaya akan nutrisi. Selain itu, ini adalah sumber elektrolit yang baik, termasuk kalium, natrium, dan magnesium, penting untuk menjaga keseimbangan cairan.

Air kelapa juga mengandung sejumlah kecil mineral lain, termasuk kalsium, fosfor, dan seng. Selain elektrolit dan mineral, air kelapa merupakan sumber antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)