5 Manfaat Madu yang Belum Banyak Diketahui Orang, Nomor 2 Menyembuhkan Sinus

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:33 WIB
loading...
5 Manfaat Madu yang Belum Banyak Diketahui Orang, Nomor 2 Menyembuhkan Sinus
Madu kaya manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa khasiat madu yang masih belum banyak diketahui banyak orang. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA – Madu kaya manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa khasiat madu yang masih belum banyak diketahui banyak orang.

Madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, dari kandungan vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, serta beberapa senyawa aktif, seperti flavonoid dan asam fenolik.



Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan tubuh, baik untuk kesehatan di dalam tubuh maupun tuhuh bagian luar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini lima manfaat madu untuk kesehatan yang masih banyak tidak diketahui oleh orang lain seperti dilansir Pinkvilla pada Sabtu (19/8/2023).

Manfaat Madu

1. Membantu mengobati penyakit gusi

Sifat antibakteri dan penyembuhan infeksi pada madu dapat membantu mengobati luka dan mempercepat penyembuhan, termasuk gangguan gusi, seperti gingivitis.

Madu bertindak sebagai agen anti-mikroba untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan dapat meredakan pembengkakan di gusi dan mengurangi rasa sakit. Ketika sedang mengalami masalah ini, maka berkumur dan minum madu.

2. Menyembuhkan sinus

Sinus membuat seseorang jadi sulit bernapas. Salah satu cara untuk menyembuhkannya bisa dengan mengonsumsi madu.

Antibakteri dan antiseptik yang secara alami ada dalam madu dapat membantu membersihkan infeksi dan mengurangi peradangan. Madu juga menenangkan tenggorokan, mengurangi batuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Menambah energi

Madu terkenal sebagai sumber energi alami karena gula alami yang ada di dalamnya belum di proses. Jadi, kandungan gula alami akan langsung memasuki aliran darah dan dapat memberikan energi yang cepat. Apalagi, jika dibarengi dengan olahraga.

4. Membantu mengatasi eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan mencampurkan madu mentah dan minyak zaitun. Kemudian, oleskan bahan tersebut kepada kulit yang terkena penyakit eksim.

Bisa juga menambahkan gandum ke dalam campuran madu dan zaitun untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.


5. Tidur cepat dan nyenyak

Mengalami kesulitan untuk tidur? Mengonsumsi madu yang dicampur dalam susu hangat sebelum tidur saat malam hari dapat mengatasi masalah kesulitan tidur.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)