5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Puasa, Salah Satunya Diabetes

Minggu, 20 Agustus 2023 - 14:41 WIB
loading...
5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Puasa, Salah Satunya Diabetes
Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan puasa. Salah satunya diabetes. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan puasa. Salah satunya diabetes.

Puasa telah terbukti dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti penurunan berat badan, peningkatan kontrol gula darah, dan menyembuhkan peradangan. Bahkan, puasa juga bisa mencegah kita dari penyakit kanker dan gangguan neurodegeneratif.

Puasa sendiri memiliki pengertian dihentikannya aktivitas makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Pada periode puasa, kita tidak boleh mengonsumi apa pun. Aktivitas ini membuat organ pencernaan beristirahat, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat.



Beberapa penyakit bahkan sembuh berkat puasa. Berikut lima penyakit yang bisa disembuhkan dengan puasa, dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/8/2023).

1. Maag

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan puasa, pertama adalah maag. Penyakit maag disebabkan adanya luka atau peradangan di lambung. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala sakit atau perih pada ulung hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, sering bersendawa, nafsu makan menurun, nyeri pada dada, serta mulut terasa pahit.

Pada saat berpuasa, seseorang tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Itu artinya, selama waktu tersebut, sistem pencernaan tubuh tidak menerima makanan atau minuman.

Sebuah penelitian di Paris menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan hormon gastrin dan menurunkan asam lambung. Selama berpuasa, seseorang akan makan secara teratur setiap hari serta mengurangi konsumsi camilan berlemak.

Dengan puasa dan pengaturan pola makan yang baik, sakit maag pun dapat disembuhkan.

2. Diabetes

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang terkena diabetes.

Mengutip laman Healthline, sebuah penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek, secara signifikan mampu menurunkan kadar gula darah.



Sementara itu, tinjauan lain di tahun 2014 menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)