5 Bahan Alami untuk Menurunkan Berat Badan, Semuanya Ada di Dapur

Senin, 21 Agustus 2023 - 06:00 WIB
loading...
5 Bahan Alami untuk Menurunkan Berat Badan, Semuanya Ada di Dapur
Bahan alami untuk menurunkan berat badan bisa didapat dengan mudah. Bahkan, sebagai besar bahan ini ada di dapur rumah Anda. Foto/ eatthis.
A A A
JAKARTA – Bahan alami untuk menurunkan berat badan bisa didapat dengan mudah. Bahkan, sebagai besar ada di dapur rumah Anda.

Menariknya lagi, bahan-bahan alami ini bisa dikombinasikan dan dijadikan jamu yang bisa mempermudah cara menurunkan berat badan .



Lantas, apa saja jamu yang cocok untuk turunkan berat badan? Berikut ini rangkuman informasi dari Style Craze, Senin (21/8/2023).

1. Kunyit asem

Kunyit menjadi bahan yang mudah ditemui di dapur. Jamu kunyit memberikan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

Kunyit mengandung kurkumin yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan peradangan untuk membantu mengurangi berat badan. Asupan kurkumin pada orang dengan sindrom metabolik ditemukan untuk membantu mengurangi BMI, berat badan, lingkar pinggang, dan peningkatan adiponektin (peptida yang merangsang oksidasi asam lemak, sensitivitas insulin, dan meningkatkan pengeluaran kalori).

Selain itu, kunyit juga mampu untuk meningkatkan kesehatan usus, mencegah infeksi mikroba, membantu menyembuhkan luka dan membantu mengurangi intensitas rasa sakit.

2. Kayu manis

Kayu manis terbukti membantu mengurangi berat badan dan melawan obesitas. Kayu manis ini dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengatur gula darah, dan memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Kayu manis juga pilihan tepat untuk menurunkan berat badan . Campurkan saja satu sendok kayu manis bubuk di dalam satu gelas air. Kemudian diamkan semalaman.

Keesokan paginya, minumlah ramuan kayu manis ini hingga habis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa minum jamu kayu manis ini selama empat minggu berturut-turut.

3. Ginseng

Ginseng merupakan rempah-rempah andalan masyarakat Tionghoa sejak berabad-abad. Ginseng ini dapat membantu mengurangi peradangan dan stres, menekan rasa lapar, mengurangi penyerapan glukosa dan metabolisme lipid, mengurangi resistensi insulin dan risiko kerusakan hati, menurunkan kolesterol LDL, serta mengatur kadar gula darah.

Sebagaimana diketahui, stres, gula darah yang tidak diatur, dan kolesterol tinggi semuanya merupakan kontributor kesehatan yang buruk dan membuat berat badan jadi bertambah. Untuk itu, ginseng dipercaya juga mampu turunkan berat badan.

4. Lada hitam

Lada hitam yang sering kali digunakan untuk bumbu masakan juga bisa dibuat sebagai jamu lho.

Lada hitam kaya akan piperin yang dapat membantu menghambat pembentukan sel-sel lemak (adipogenesis). Dengan begitu, mengonsumsi lada hitam dapat membantu mengurangi berat badan . Selain itu, adapun manfaat lain yang dapat dirasakan jika kita mengonsumsi lada hitam, yakni peningkatan fungsi usus dan antidepresan.

Untuk membuat lada hitam sebagai jamu, kamu hanya perlu mencampurkan lada hitam, teh madu dan satu cangkir air hangat.


5. Jahe

Jahe membantu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan pemecahan sel lemak, menghambat penyerapan lemak, dan membantu mengurangi kelaparan yang berlebihan.

Air jahe juga membantu mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, glukosa puasa, dan indeks resistensi insulin.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)