5 Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Punya Sifat Antiinflamasi yang Kuat

Selasa, 22 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Punya Sifat Antiinflamasi yang Kuat
Paru-paru merupakan organ vital tubuh yang berperan dalam proses pernapasan. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan memiliki sifat antiinflamasi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Paru-paru merupakan organ vital tubuh yang berperan dalam proses pernapasan. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan memiliki sifat antiinflamasi.

Penelitian menunjukkan bahwa modifikasi gaya hidup, termasuk mengikuti diet kaya nutrisi, dapat membantu melindungi paru-paru dan bahkan mengurangi kerusakannya.

Berikut lima makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru, dikutip dari laman Healthline, Selasa (22/8/2023).


1. Paprika

Paprika merupakan jenis sayuran yang kaya vitamin C. Nutrisinya yang larut dalam air berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh, terutama bagi para perokok.

2. Apel

Penelitian menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa asupan apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

Selain itu, mengonsumsi lima atau lebih buah apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik.

3. Labu

Daging labu yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Labu sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Semuanya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa memiliki kadar karotenoid dalam darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik pada populasi yang lebih tua dan lebih muda.


4. Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan karena efek antioksidan dan antiinflamasinya yang kuat.

Curcumin, komponen aktif utama dalam kunyit, mungkin sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru.

5. Blueberry

Blueberry sarat akan nutrisi. Mengonsumsi buah ini dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru.

Blueberry adalah sumber anthocyanin yang kaya, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Antosianin adalah pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)