Menelisik Keistimewaan Sushi Termahal di Dunia, Berbalut Emas dan Harganya Rp36 Juta

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:00 WIB
loading...
Menelisik Keistimewaan Sushi Termahal di Dunia, Berbalut Emas dan Harganya Rp36 Juta
Sushi tak hanya digemari oleh masyarakat lokal Jepang, tetapi juga menjadi hidangan favorit warga dunia. Foto/Times of India
A A A
OSAKA - Sushi tak hanya digemari oleh masyarakat lokal Jepang, tetapi juga menjadi hidangan favorit warga dunia. Rasa lezat dan dinilai sehat karena terbuat dari bahan-bahan fresh membuat sushi tak pernah kehilangan penggemar.

Mungkin tak sulit menemukan restoran sushi ketika Anda berlibur ke Jepang. Tapi, di antara sederet tempat yang menyajikan Sushi, ada salah satu yang dinobatkan sebagai sushi termahal di dunia.

Melansir laman Times of India, Selasa (22/8/2023), belum lama ini Guinness World Records (GWR) menetapkan sebuah restoran sushi di Osaka, Jepang, sebagai yang termahal di dunia. Restoran itu bernama Sushi Kirimon.



Menu termahal mereka adalah Kiwami Omakase yang terdiri dari 20 potong sushi. Bayangkan saja, untuk satu set sushi beraneka ragam itu dibanderol harga 350.000 yen atau sekitar Rp36 juta.

Alasan Jadi Sushi Termahal di Dunia

Kiwami Omakase di Sushi Kirimon menjadi yang paling mahal tentu ada alasannya. GWR mengungkapkan, pembuatannya menggunakan bahan-bahan pilihan yang didatangkan dari seluruh Jepang. Selain itu, para chef menggunakan teknik serta metode tradisional.

Sebanyak 20 jenis sushi itu antara lain dihidangkan dengan bahan-bahan seperti White Tilefish dan Beluga Caviar, Shinko (baby gizzard shad), Pacific Bluefin Tuna, Chum Salmon, Bigfin Reef Squid, Sei Whale Tail Meat, Murasaki Uni (landak laut ungu), Bafun Uni (landak laut hijau), dan Abalon Kukus. Uniknya lagi, sebagai sentuhan akhir, semua varian sushi mengandung taburan daun emas. Tak heran kalau harganya jadi fantastis, bukan?

Untuk urusan nasi, Sushi Kirimon juga memikirkannya dengan baik. Beras yang digunakan asalnya dari prefektur Akita, dan kemudian dicampur dengan beras Tsuyahime dari prefektur Yamagata.


Memecahkan Rekor Sebelumnya

Penobatan sushi termahal oleh Guinness World Records (GWR) untuk menu Kiwami Omakase di restoran Sushi Kirimon telah memecahkan rekor sebelumnya, yakni Chef Angelito Araneta Jr yang membuat 5 buah nigiri di tahun 2010. Hidangan tersebut bertabur hiasan berlian, kemudian dibungkus kembali dengan daun emas 24 karat.

Jika pelanggan ingin menikmati sajian sushi dibalut berlian dan emas itu, harus mau merogoh kocek sekitar Rp30 juta.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3522 seconds (0.1#10.140)