Benarkah Kacang Tanah Bisa Menurunkan Kolesterol? Cek Kandungan dan Manfaatnya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:59 WIB
loading...
Benarkah Kacang Tanah Bisa Menurunkan Kolesterol? Cek Kandungan dan Manfaatnya
Asupan karbohidrat yang tinggi dan kurangnya asupan buah, sayuran dan lemak tak jenuh, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kacang tanah bisa jadi solusi. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Asupan karbohidrat yang tinggi dan kurangnya asupan buah-buahan, sayuran dan lemak tak jenuh (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda), bisa meningkatkan risiko penyakit jantung .

Sementara, orang yang mengonsumsi kacang tanah, rata-rata 4-5 kacang tanah per hari, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibanding dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang tanah.



Hal ini berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal 'Stroke' of the American Stroke. Association, sebuah divisi dari American Heart Association.

Nutrisi seperti lemak baik, protein, serat, vitamin E dan B, mineral, serta antioksidan banyak terdapat pada kacang tanah.

Aterosklerosis atau penumpukan timbunan lemak di dalam arteri adalah kondisi yang disebabkan oleh tingginya kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Penyakit jantung dapat berkembang dari endapan yang menyumbat arteri yang menuju atau di dalam jantung.

Nah, berbagai jenis kacang-kacangan, khususnya kacang tanah, mengandung minyak menyehatkan serta protein dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol .



Aterosklerosis dapat terjadi akibat cedera pada endotelium, lapisan dalam arteri Anda. Asam amino yang disebut bahan kimia arginin dan fenolik, yang memiliki karakteristik antioksidan, dapat ditemukan dalam kacang tanah dan kedua zat ini berfungsi untuk mengawetkan endotelium.

Mengonsumsi kacang membantu menjaga fungsi endotel. Sifat antioksidan dalam kacang tanah juga dapat mencegah kerusakan oksidatif, peradangan dan gangguan kronis.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1185 seconds (0.1#10.140)