5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi dan Kolesterol

Kamis, 24 Agustus 2023 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Barley memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan serat makanannya. Biji-bijian ini juga mengandung antioksidan yang disebut lignan, yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Mengonsumsi barley secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah tinggi. Barley mengandung serat dan protein yang lebih tinggi. Selain itu, mengandung lebih dari 30 nutrisi, termasuk pitosterol, tokol, beta-glukan, dan mineral.

2. Quinoa

5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi dan Kolesterol

Foto/Getty Images

Quinoa adalah biji yang dapat dimakan dan telah menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Di mana orang-orang menikmati khasiatnya yang bermanfaat.

Quinoa sering digunakan untuk menggantikan nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial, menjadikannya protein lengkap. Quinoa juga mendukung kesehatan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang membantu menurunkan gula darah.

Baca Juga: 6 Susu Penurun Gula Darah Tinggi dan Kolesterol, Rendah Lemak Jenuh

3. Kembang Kol

5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi dan Kolesterol

Foto/Getty Images

Kembang kol milik keluarga sayuran silangan, yang meliputi brokoli, kubis, dan kubis brussel. Alternatif nasi rendah karbohidrat dan rendah kalori ini tidak memiliki rasa yang kuat dan oleh karena itu berfungsi sebaik nasi dalam banyak resep.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
5 Tips Mencegah Gula...
5 Tips Mencegah Gula Darah Melonjak usai Lebaran
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Rekomendasi
PKS Sebut Sinergi Pemerintah,...
PKS Sebut Sinergi Pemerintah, Dunia Usaha, hingga Masyarakat Kunci Jaga Stabilitas
Pengacara Roy Suryo:...
Pengacara Roy Suryo: Polisi dan Jaksa Ragu-ragu di Kasus Ijazah Jokowi
Pemprov Papua Selatan:...
Pemprov Papua Selatan: PSN Wanam Buka Lapangan Pekerjaan dan Tingkatkan Kesejahteraan
Berita Terkini
Dibully Sampai Hidupnya...
Dibully Sampai Hidupnya Hancur, Ini Balas Dendam Anna di Microdrama V+Short She Was Never Gone
Nakei Tampilkan Pendewasaan...
Nakei Tampilkan Pendewasaan Musik Lewat Single Kedua 'Setengah Hadir'
Samuel Cipta Hadirkan...
Samuel Cipta Hadirkan Makna Cinta Lewat Single Terbaru Jagat Rasa
Bukan Skill Game-nya,...
Bukan Skill Game-nya, Ini yang Membuat Konten Refa Ardhi Disukai Banyak Orang
Program Loyalitas Jadi...
Program Loyalitas Jadi Strategi Pusat Belanja Menjaga Kedekatan dengan Pengunjung
Kesuksesan Refa Ardhi...
Kesuksesan Refa Ardhi di Dunia Digital Ternyata Dibangun dari Hal Sederhana Ini
Infografis
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved