11 Ciri-ciri Orang Terkena Gula Darah Tinggi, Waspada Jika Sering Buang Air Kecil

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:18 WIB
loading...
11 Ciri-ciri Orang Terkena Gula Darah Tinggi, Waspada Jika Sering Buang Air Kecil
Ada beberapa ciri-ciri orang terkena gula darah tinggi yang harus diwaspadai. Gula darah tinggi, juga disebut hiperglikemia, menyerang penderita diabetes. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa ciri-ciri orang terkena gula darah tinggi yang harus diwaspadai. Gula darah tinggi, juga disebut hiperglikemia, menyerang penderita diabetes.

Beberapa faktor dapat berperan dalam gula darah tinggi pada penderita diabetes. Ini termasuk makanan dan aktivitas fisik, penyakit, dan obat-obatan yang tidak berhubungan dengan diabetes.

Melewatkan dosis atau tidak mengonsumsi cukup insulin atau obat lain untuk menurunkan gula darah juga dapat menyebabkan gula darah tinggi. Sangat penting untuk mengobati kondisi ini lantaran bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Ciri-ciri Orang Terkena Gula Darah Tinggi



Berikut ciri-ciri orang terkena gula darah tinggi dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (23/8/2023).



1. Sering buang air kecil
2. Meningkatnya rasa haus
3. Penglihatan kabur
4. Merasa lemah atau lelah luar biasa
5. Nafas berbau buah
6. Mulut kering
7. Sakit perut
8. Mual dan muntah
9. Sesak napas
10. Kebingungan
11. Penurunan kesadaran

11 Ciri-ciri Orang Terkena Gula Darah Tinggi, Waspada Jika Sering Buang Air Kecil

Foto/Infografis SINDOnews

Gula darah tinggi yang tidak diobati memerlukan perawatan darurat, termasuk koma diabetes. Kondisi ini yang berlangsung lama, meski tidak parah, dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berdampak pada mata, ginjal, saraf, dan jantung.

Gula darah tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala sampai kadar gula darah (glukosa) tinggi di atas 180 hingga 200 miligram per desiliter (mg/dL), atau 10 hingga 11,1 milimol per liter (mmol/L).



Gejala gula darah tinggi berkembang secara perlahan selama beberapa hari atau minggu. Semakin lama kadar gula darah tetap tinggi, gejalanya akan semakin serius.

Namun beberapa orang yang sudah lama menderita diabetes tipe 2 mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun meski kadar gula darahnya tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)