Cerita Korban Pinjol yang Didominasi Gen Z, Begini Kata Hotman Paris

Kamis, 24 Agustus 2023 - 07:31 WIB
loading...
Cerita Korban Pinjol yang Didominasi Gen Z, Begini Kata Hotman Paris
Hotman Paris angkat bicara kasus pinjol yang marak diperbincangkan, terlebih para korbannya didomnasi Gen Z. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Kasus pinjaman online alias pinjol marak diperbincangkan belakangan ini, terlebih para korbannya ini didomnasi Gen Z. Mereka pun mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari oknum penagih utang.

Kepada MNC Portal Indonesia, pria berinisial J (23) mengaku terpaksa melakukan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.



"Gua ngelakuin pinjol pas waktu itu emang lagi butuh uang lebih buat kebutuhan mendadak dan buat sehari-hari. (Paling banyak pinjam) sekitar Rp2,4 juta," katanya melalui pesan singkat, Kamis (24/8/2023).

Mahasiswa di salah satu kampus di kawasan Jakarta Selatan itu juga pernah menuai teror dari oknum penagih lantaran telat membayar utang.

"Kalau sengaja nggak bayar sih nggak cuma telat bayar aja. Kalau soal di teror sih ya pasti karena kalau sudah berani melakukan pinjol ya siap nerima resiko apa pun itu (jika pembayaran terlambat)," ujar J.

Korban pinjol rupanya juga menyasar pada orang-orang yang tak bersalah. Perempuan berinisial IMP (26) misalnya, dia mengaku mendapat teror penagih pinjol lantaran data pribadinya digunakan orang lain untuk berutang.

"Hal ini karena beberapa faktor internal. Salah satunya karena adanya kepercayaan bahwa si pelaku tersebut akan melakukan pembayaran setiap bulannya," tutur IMP dalam wawancara berbeda.

Berbeda dari J, karyawati di salah satu bank swasta tersebut bahkan mendapat ancaman melalui pesan singkat WhatsApp dengan kata-kata kasar.

Sebab, pelaku pinjol yang diduga menggunakan data pribadinya lalai dalam melunasi utang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)