7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Cegah Depresi hingga Kanker tapi Syaratnya Tak Pakai Gula

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Cegah Depresi hingga Kanker tapi Syaratnya Tak Pakai Gula
Kafein dalam kopi berguna sebagai obat psikoaktif yang paling umum digunakan di dunia. Dengan meneguk kopi di pagi hari, maka tubuh akan mendapat dorongan energi ekstra. Foto Ilustrasi/Unsplash
A A A
JAKARTA - Kafein dalam kopi berguna sebagai obat psikoaktif yang paling umum digunakan di dunia. Dengan meneguk kopi di pagi hari, maka tubuh akan mendapat dorongan energi ekstra. Hal ini membuat tubuh menjadi terjaga sehingga dapat mengerjakan segala tugas di pagi hari.

Tapi, orang sering khawatir bahwa mereka harus membatasi konsumsi kopi. Sebab, dengan mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan insomnia, kegelisahan, atau detak jantung yang cepat. Namun, hal ini terjadi kala konsumsi kopi secara berlebihan dari dosis yang disarankan yakni 400 mg kafein per hari.

Jika dikonsumsi dengan tepat, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kopi tidak buruk bagi kita. Bahkan, kopi bisa memberikan manfaat kesehatan yang cukup mengesankan untuk tubuh. Bahkan orang yang minum banyak kopi, lebih dari lima atau enam cangkir sehari, tampaknya jauh lebih sehat daripada orang yang minum sedikit atau tidak sama sekali.



Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari minum kopi? Simak informasi yang telah dirangkum dari Business Insider pada Jumat (25/8/2023) berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Hati

Sebuah tinjauan yang menggabungkan hasil dari sembilan penelitian menyatakan, minum lebih banyak kopi dapat mengurangi risiko sirosis yang lebih rendah. Dalam ulasan tersebut, minum satu cangkir kopi per hari terbukti dikaitkan dengan 22% penurunan risiko sirosis, penyakit hati yang sering disebabkan oleh konsumsi alkohol berat.

Sementara mengonsumsi dua cangkir kopi per hari mengurangi 43% risiko sirosis, tiga cangkir mengurangi 57% risiko sirosis, dan empat cangkir mengurangi 65% risiko sirosis.

2. Menghindari Penyakit Jantung

Sebuah tinjauan terhadap lebih dari 200 penelitian menemukan bahwa orang yang minum tiga atau empat cangkir kopi per hari 19% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Suatu tinjauan besar studi menemukan bahwa setiap cangkir kopi tambahan yang diminum seseorang per hari dapat menurunkan risiko 7% diabetes tipe 2.

Sementara itu, ada pula ulasan lain yang diterbitkan pada Mei 2019 menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi memiliki risiko kematian akibat diabetes 24% lebih rendah daripada orang yang tidak minum kopi.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Minum kopi sebanyak tiga cangkir per hari dapat menurunkan 18% risiko kanker. Sedangkan minum dua hingga dua setengah cangkir kopi setiap hari memiliki pengurangan risiko kanker sebesar 4% secara umum.

Sementara pada sebuah ulasan lain menyatakan, setidaknya satu cangkir per hari dikaitkan dengan 15% pengurangan risiko kanker hati dan 8% pengurangan risiko kanker endometrium.


5. Menurunkan Risiko Alzheimer dan Demensia

Mengonsumsi kopi ternyata dapat menjaga kesehatan otak. Berdasarkan data penelitian, peminum kopi kemungkinan memiliki risiko 16% lebih kecil untuk terkena alzheimer, demensia, atau penurunan kognitif.

6. Mencegah Depresi

Ketika dihadapkan pada suatu masalah, seseorang bisa menjadi depresi. Tentu hal ini membuat kita tidak dapat menjalankan kegiatan sehari-hari.

Keadaan tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi. Satu studi besar terhadap lebih dari 50.000 wanita menunjukkan bahwa minum setidaknya satu cangkir kopi setiap minggu dapat menurunkan 15% risiko depresi. Sementara minum dua hingga tiga cangkir per hari dikaitkan dengan pengurangan risiko 20%.

Sementara studi lain yang melibatkan 100.000 pria dan wanita menemukan bahwa minum kopi dapat menurunkan 45% risiko kemungkinan meninggal karena bunuh diri.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Seseorang yang mengonsumsi kopi memiliki risiko lebih rendah untuk obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker payudara.

Akan tetapi peneliti tidak yakin apakah kandungan kafein pada kopi, senyawa lain, atau keduanya menawarkan manfaat kesehatan ini.

Walaupun demikian, perlu diperhatikan gula yang terkandung dalam kopi. Alangkah baik mengonsumsi kopi tanpa gula agar bisa merasakan segala manfaat tersebut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)