Pentingnya Asupan Omega 3 dan 6 pada Menu Sarapan Anak-Anak di Indonesia

Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:00 WIB
loading...
Pentingnya Asupan Omega 3 dan 6 pada Menu Sarapan Anak-Anak di Indonesia
Para pembicara dalam pencanangan kampanye sarapan bergizi penuh Omega 3 & 6 bagi anak-anak Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Guna menarik perhatian semua pihak agar bersama-sama memperhatikan kebutuhan gizi anak, BlueBand mencanangkan kampanye sarapan bergizi penuh Omega 3 & 6 bagi anak-anak Indonesia. Kampanye ini merupakan respons terhadap berbagai studi yang menunjukkan bahwa Omega-3, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak, yang saat ini diamati masih perlu ditingkatkan untuk pola makan bernutrisi.

Bahkan, hanya 2 dari 10 anak di seluruh pelosok negeri yang mendapatkan asupan Omega-3 dalam jumlah cukup setiap hari.

BlueBand percaya korelasi erat antara sarapan yang bergizi penuh Omega-3 & 6 dengan mempersiapkan Generasi Emas, yaitu anak-anak kita saat ini.

“Pada tahun 2045 mendatang, tepat saat usia kemerdekaan mencapai 100 tahun, Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi berupa 70% jumlah penduduk dalam usia produktif (15-64 tahun). Agar penduduk dengan usia produktif tersebut memiliki kemampuan kognitif, kecerdasan, daya konsentrasi dan kreativitas yang tinggi serta kesehatan mental yang baik sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi negara, maka asupan nutrisi Omega 3 & 6 anak-anak kita saat ini, yang nanti akan menjadi Generasi Emas tersebut, harus kita tingkatkan," Dicky Saelan, President Director Upfield Indonesia selaku produsen BlueBand.

"Apalagi ditambah fakta bahwa hanya 2 dari 10 anak yang tercukupi asupan harian Omega 3. Padahal mereka adalah calon-calon Generasi Emas 2045 Indonesia," lanjutnya.

Menjadi tambahan dari kampanye Sarapan Berisi yang masih berlangsung dengan target edukasi 850.000 anak, kampanye BlueBand kali ini berkomitmen mengedukasi paling tidak 10.000 anggota keluarga (ayah, ibu dan anak) di Indonesia mengenai pentingnya sarapan bergizi dengan Omega 3 & 6 lewat beragam pendekatan. Kampanye edukasi tersebut mendapat dukungan dari Kitabisa, platform program sosial terkemuka dan Alfamart, gerai minimarket ritel terpercaya di Indonesia.

Menimbang masih rendahnya jumlah anak Indonesia yang tercukupi asupan harian Omega 3 & 6, maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan serta kesadaran mengenai pentingnya asupan Omega 3 & 6 bagi anak-anak di Indonesia masih kurang.

Omega 3 banyak ditemukan pada ikan makarel, sarden, salmon, telur, biji chia, dan sayuran hijau. Sementara Omega 6 banyak ditemukan pada kedelai, almond, tahu tempe. Keduanya memainkan peran penting dalam tumbuh kembang anak.

Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Pakar Teknologi Pangan dan Gizi yang juga Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia mengatakan bahwa secara ilmiah terdapat korelasi erat antara asupan Omega 3 & 6 yang cukup dengan proses tumbuh kembang anak.

“Masing-masing asam lemak omega tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Omega 3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA), dan Alpha-linolenic acid (ALA) di mana masing-masing memiliki fungsi yang penting. Yaitu membantu meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menekan depresi dan kecemasan, hingga menjaga daya visual," terangnya.

“Sementara asam lemak Omega 6 yang terdiri dari linolenic acid (LA) dan arachidonic acid (ARA) berfungsi sebagai sumber energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semua fungsi tubuh perlu dijaga dalam kondisi baik agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal," tambahnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, anak-anak disarankan mengonsumsi dan memenuhi kebutuhan omega 3 sebanyak 0,7-0,9 gram per hari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)