Sandiaga Optimis Mahasiswa Indonesia Bisa Memajukan Pariwisata Tanah Air

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 14:19 WIB
loading...
Sandiaga Optimis Mahasiswa Indonesia Bisa Memajukan Pariwisata Tanah Air
Sandiaga optimis mahasiswa Indonesia bisa memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif (Parektaf) Tanah Air. Sebab sektor ini memiliki peluang yang cukup besar. Foto/Wiwie Heriyani
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimis mahasiswa Indonesia bisa memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif (Parektaf) Tanah Air. Sebab sektor ini memiliki peluang yang cukup besar.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam UPH Festival 2023, acara penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 Universitas Pelita Harapan (UPH). Sandiaga yang merupakan alumni UPH memberikan ucapan melalui video.

Sesuai dengan tema yang diusung, Godly Transformational Leadership, Sandiaga berharap agar UPH Festival 2023 menjadi langkah besar bagi mahasiswa baru dalam perjalanan mereka menjadi pemimpin masa depan yang mampu membawa transformasi, dan berkontribusi terhadap berbagai sektor, termasuk pariwisata.

“Saya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengucapkan selamat kepada Universitas Pelita Harapan, almamater saya, saya juga lulus dari UPH, atas terselenggaranya UPH Festival 2023, dengan tema Kepemimpinan Transformational dan strategi pariwisata digital untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan,” kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (25/8/2023).





“Diharapkan keluarga besar UPH dapat mengambil peran sektor tersebut karena memiliki peluang yang masih sangat besar untuk berinovasi. Sukses selalu untuk UPH, dan sukses dalam membangun Indonesia maju, terus melaju untuk Indonesia,” sambungnya.

Sandiaga lantas kembali menjelaskan, bahwa transformasi yang mendalam merupakan kunci untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga, masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa dituntut agar bisa beradaptasi dengan lebih cepat.

“Transformasi yang mendalam adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama. Perubahan yang mendasar dalam cara kita berpikir, berinovasi dalam berkolaborasi. Pada era revolusi industri 4.0 ini, kita dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat. Mendorong banyak orang untuk terus menjadi bentuk kasih Tuhan di dunia ini,” jelasnya.

Sandiaga kembali memaparkan terkait pengembangan bisnis di era sekarang yang tidak lagi hanya mengandalkan ilmu pengetahuan. Namun harus mulai aktif melibatkan masyarakat luas, salah satunya di sektor pariwisata yang saat ini memiliki potensi jumlah tenaga kerja yang cukup besar.



“Mengembangkan bisnis dan usaha bukan hanya tentang memanfaatkan knowledge tapi juga tentang melibatkan masyarakat dalam proses itu sendiri," ujarnya.

"Salah satu sektor yang banyak melibatkan masyarakat secara luas antara lain adalah sektor pariwisata dengan jumlah tenaga kerja sebesar 22,9 juta jiwa dan sektor ekonomi kreatif dengan jumlah tenaga kerja sebesar 23, 9 juta jiwa,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)