3 Manfaat Makan Ikan Setiap Hari, Lebih Baik daripada Daging Merah

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 21:30 WIB
loading...
3 Manfaat Makan Ikan Setiap Hari, Lebih Baik daripada Daging Merah
Mengonsumsi ikan memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti atasi masalah jantung hingga menurunkan gejala depresi. Foto/ babyslittleplace.
A A A
JAKARTA - Ikan merupakan salah satu sumber makanan dengan manfaat dan gizi yang tinggi. Bahkan, ada banyak manfaat makan ikan.

Berbagai macam jenis ikan mudah ditemukan di pasar dan hampir semua ikan mudah diolah dengan berbagai cara masak yang sesuai selera.



Mengonsumsi ikan bisa jadi alternatif yang bagus, dibandingkan mengonsumsi daging merah. Beberapa manfaat kesehatannya, seperti masalah jantung hingga menurunkan gejala depresi.

Manfaat Makan Ikan

Ikan mengandung berbagai manfaat kesehatan, mulai vitamin, mineral dan asam lemak. Selain itu, terdapat Vitamin B12 yang sangat penting untuk pertumbuhan sel darah merah yang sehat, reproduksi DNA, dan fungsi saraf.

Mengonsumsi cukup vitamin B12 dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit jantung. Kekurangan vitamin B12 juga dikaitkan dengan masalah seperti kelelahan kronis dan anemia.

Beberapa manfaat ikan bagi kesehatan lain sebagaimana yang dikutip dari Web MD, Jumat (25/8/2023) antara lain

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, dan pencegahan dan pengurangan jantung koroner, bila dikonsumsi secara teratur.

Asam lemak ini meminimalkan plak koroner, menurunkan kadar trigliserida, dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Penurunan Risiko Depresi

Asam lemak omega telah dikaitkan dengan peningkatan efektivitas beberapa obat antidepresan, mungkin karena lemak ini membantu fungsi otak lebih efisien.

3. Memperbaiki Kesehatan Otak

Ikan kaya akan jenis lemak yang dikenal sebagai asam lemak omega. Lemak ini penting untuk menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: Apakah Asam Urat Bisa Makan Ikan Asin? Ketahui Kandungan Purinnya

Memiliki kadar asam lemak omega-3 yang rendah dalam darah telah dikaitkan dengan percepatan penuaan otak, termasuk gejala seperti kehilangan memori dan gangguan kognitif.

Faktanya, rendahnya kadar asam lemak omega ini telah dikaitkan dengan penyusutan otak seiring bertambahnya usia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)