Tips Menyimpan Sayur di Kulkas ala Nicky Tirta, Bisa Tetap Fresh

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:00 WIB
loading...
Tips Menyimpan Sayur di Kulkas ala Nicky Tirta, Bisa Tetap Fresh
Jangan asal meletakkan sayuran dalam kulkas begitu saja. Bisa cepat membusuk. Nicky Tirta pun berbagi tips menyimpan sayuran. Foto/ Melati Pratiwi.
A A A
JAKARTA - Jangan asal meletakkan sayuran dalam kulkas begitu saja. Ini bisa membuat sayur tidak segar dan cepat membusuk.

Artis Nicky Tirta yang kini bergelut di dunia masak-memasak nampaknya paham bagaimana menyimpan sayur agar tetap awet di dalam kulkas. Menurutnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para bunda.



"Misalnya daun bawang tinggal taro di dalam air bagian akarnya, jadi fresh," kata Nicky Tirta di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Selain itu, untuk sayur-sayuran yang hendak dimasukan ke dalam kulkas, Nicky Tirta menyarankan agar wadahnya dilapisi alas terlebih dahulu. Hal ini berfungsi sebagai penyerap kelembaban.

"Kalau untuk di kulkas, umumnya sayuran kenapa harus dikasih alas lagi karena untuk menyerap kelembaban supaya gak gampang rusak sayur tersebut. Jadi memang disarankan diakaskan lagu, untuk mencegah kelembaban itu naik ke sayur dan malah merusak sayur itu sendiri," tutur Nicky Tirta.

Lantas, bagaimana dengan bawang merah maupun bawang putih? Seperti diketahui, masakan Indonesia kebanyakan membutuhkan dua jenis bahan tersebut. Nicky mengaku tidak ikut menyimpan bawang dalam kulkas seperti sayuran lain.

"Aku kalau bawang-bawangan di luar kulkas sih," ujar dia.

Bagi Nicky, trik menyimpan sayur memang tidak bisa disamaratakan. Dia pun mengenang kembali masa-masa saat tinggal di Australia.

Ada kalanya Nicky Tirta membeli sayuran frozen. Hal ini dikarenakan beberapa sayuran yang diinginkan memang sulit ditemukan dalam keadaan segar.



Jika sudah begitu, penyimpanannya pun tak bisa ditaruh pada bagian chiller kulkas layaknya sayur lain.

"Cabai rawit yang pedas banget kan susah, akhrinya harus beli yang frozen dan gak mungkin ditaro di chiller pasti di freezer, jadi beda tujuannya," tuturnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)