5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Berminyak saat Cuaca Panas, Tidak Merusak Kulit Kepala Lho!

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 07:00 WIB
loading...
5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Berminyak saat Cuaca Panas, Tidak Merusak Kulit Kepala Lho!
Ada berbagai faktor yang menyebabkan rambut berminyak, salah satunya cuaca panas yang ekstrem. Tentu ini tidak nyaman. Foto/ healthline.
A A A
JAKARTA - Ada berbagai faktor yang menyebabkan rambut berminyak , dari produksi minyak berlebih pada kulit kepala hingga cuaca panas yang ekstrem. Tentu ini tidak nyaman. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Berikut ini beberapa solusi yang bisa dilakukan memperbaiki rambut beminyak tanpa merusak rambut atau kulit kepala, dikutip dari Healthline, Sabtu (26/8/2023).


Cara Mengatasi Rambut Berminyak

1. Keramas Lebih Sering

Orang dengan rambut berminyak mungkin perlu keramas lebih sering. Menurut American Academy of Dermatology, sampo membantu menghilangkan kelebihan minyak serta kotoran dan sisa produk rambut dari kulit kepala.

2. Lebih Jarang Mencuci

Hal ini mungkin terlihat berlawanan dengan poin pertama. Namun, jika kamu telah mencuci rambut sekali dalam sehari dan masih tetap berminyak cobalah untuk mencucinya lebih jarang.

Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala, yang justru menghasilkan lebih banyak minyak untuk rehidrasi.

3. Bilas dengan Benar

Luangkan satu atau dua menit ekstra untuk memastikan semua sampo dan kondisioner terbilas dengan bersih yang memberikan penampilan berbeda pada rambut Anda.

Produk yang tertinggal di kulit kepala dapat melapisi rambut sehingga terlihat dan terasa kotor serta memberikan rasa gatal.

4. Keramas dengan Benar

Salah langkah saat mencuci rambut juga bisa menyebabkan kepala berminyak dan rambut rusak.

Untuk mencuci rambut dengan benar, usapkan sedikit sampo dengan lembut ke akar dan kulit kepala. Hindari menggunakan kuku atau yang menimbulkan gesekan pada helai rambut. Menggosok secara agresif dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan produksi minyak lebih banyak.


5. Bersihkan Sisir

Sisir yang kotor tidak cocok untuk rambut yang baru dicuci. Bersihkan alat penata rambut dengan sedikit sampo atau sabun yang lembut untuk menghilangkan penumpukan kotoran pada sisir. Selain itu, bersihkan rambut rontok yang menyangkut setiap menyisir rambut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)