5 Tips Awet Muda ala Masyarakat Blue Zone, dari Makan Sehat hingga Diet Mediterania

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:33 WIB
loading...
5 Tips Awet Muda ala Masyarakat Blue Zone, dari Makan Sehat hingga Diet Mediterania
Istilah blue zone diperkenalkan Dan Beuttner, memiliki makna berupa area penduduk dengan usia hampir menyentuh 100 tahun. Lalu, apakah rahasianya? Foto/ grazia.it.
A A A
JAKARTA - Istilah blue zone memang belum familiar. Namun, istilah yang diperkenalkan Dan Beuttner, penjelajah yang menulis di National Geographic ini memiliki makna berupa area yang memiliki penduduk dengan usia hampir menyentuh 100 tahun.

Dalam bukunya, The Blue Zone: Lessons for Living Longer from the People Who've Lived the Longest, Beuttner menuliskan bahwa blue zone mengacu pada wilayah demografis dan geografis di dunia, yang penduduknya memiliki kemungkinan untuk hidup hingga 100 tahun lebih, seperti Nicoya (Costa Rica)‎, Ikaria (Yunani), Sardina (Italia), Okinawa (Jepang) hingga Coma Linda (California).



Negara yang mendapatkan predikat sebagai kawasan 'blue zone' tersebut tentunya memiliki kebiasaan dan pola hidup yang teratur sehingga membuat mereka tampak awet muda.

Lantas, apa saja rahasia hidup dari masyarakat yang tinggal di kawasan blue zone tersebut? Berikut di antaranya, dilansir dari berbagai sumber pada Jumat, (25/8/2023).

1. Hobi jalan kaki ala Italia

Penduduk Italia, khususnya Kota Sardinia terkenal memiliki usia hidup yang cukup panjang. Usut punya usut, hal itu karena mereka punya hobi atau kebiasaan jalan kaki.

Bahkan, pria di kota ini setiap harinya berjalan, setidaknya 5 mil atau sekira 8 kilometer. Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, paparan sinar matahari yang didapat selagi berjalan kaki pun bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin D mereka.

2. Makanan rendah protein ala Italia

Masih di Sardinia, penduduk di pulau yang berada di Laut Mediterania ini juga memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan rendah protein.

Hal itu tentu dikaitkan dengan tingkat diabetes, kanker, dan kematian yang lebih rendah untuk orang di bawah usia 65 tahun. Tak heran, urusan pola makan penduduk Italia yang dikenal selektif ini menjadikan mereka lebih sehat dan panjang umur.

3. Makanan sehat ala orang Jepang

Okinawa memiliki rasio centenarian (orang yang hidup lebih dari 100 tahun) sekitar 6,5 dari 10.000 orang. National Geographic mengungkapkan bahwa Okinawa adalah rumah bagi wanita dengan umur terpanjang di dunia.

Makanan pokok yang mereka konsumsi, seperti ubi jalar Okinawa, kedelai, mugwort, kunyit, dan goya (pare), membuat orang Okinawa berumur panjang dan sehat. Selain itu, laman npr.org juga menambahkan makanan jenis bawang putih, beras merah, teh hijau, dan jamur shitake juga dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

4. Hidup anti-stres ala Costa RiCa

Kesederhanaan penduduk kota Nicoya di Kosta Rika menjadi salah satu rahasia panjang umur Kosta Rika. Umumnya, penduduk sekitar hanya memiliki beberapa barang saja, kesederhaan ini ternyata mampu menurunkan angka stres dan membuat seseorang lebih panjang umur.

Orang-orang di Kosta Rika juga sangat senang berkebun dan makan dari hasil panen sendiri. Tak dapat dipungkiri bahwa jenis makanan tersebut mengandung lebih banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.


5. Diet Mediterania ala Yunani

Penduduk di Pulau Ikaria, Yunani dikenal memiliki hidup panjang. Bahkan, orang yang tinggal di Ikaria hidup rata-rata 10 tahun lebih lama daripada di Eropa dan Amerika.

Masyarakat Ikaria memiliki hubungan harmonis kepada sesama. Kebiasaan tidur siang dan menjalankan diet Mediterania seperti mengonsumsi buah, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, kentang, dan sayur-sayuran secara ketat, menjadi poin terpenting mengapa masyarakat Ikaria memiliki angka harapan hidup yang tinggi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2965 seconds (0.1#10.140)