Ini Sayuran yang Baik untuk Penderita Bronkitis, Wajib Dikonsumsi Tiap Hari

Minggu, 27 Agustus 2023 - 18:25 WIB
loading...
Ini Sayuran yang Baik untuk Penderita Bronkitis, Wajib Dikonsumsi Tiap Hari
Ada sayuran tertentu yang bagus untuk penderita bronkitis. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada sayuran tertentu yang bagus untuk penderita bronkitis. Apa saja itu?

Sayur-mayur secara umum memang sangat baik untuk kesehatan karena rendah kalori namun kaya serat dan vitamin. Namun, di antara ragam sayuran yang kita tahu, beberapa di antaranya dianjurkan untuk rutin dikonsumsi oleh penderita bronkitis.

Bronkitis sendiri merupakan suatu kondisi di mana lapisan saluran bronkus mengalami peradangan atau pembengkakan. Hal itu menyebabkan penderitanya mengalami batuk, banyak lendir, napas pendek, serta beberapa gejala pilek seperti nyeri badan dan demam.



Bronkitis sebagian besar disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan kurang olahraga. Maka itu, seseorang yang mengidap bronkitis harus menjalankan pola hidup sehat, di antaranya ditunjang dengan mengonsumsi makanan yang termasuk dalam diet pasien bronkitis. Tujuannya tentu saja untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan yang menyumbat saluran napas.

Beberapa jenis sayuran masuk dalam diet penderita bronkitis ini. Melansir laman Lybrate, Minggu (27/8/2023), berikut adalah daftarnya.

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak Swiss, kubis, dan sawi bagus untuk penderita bronkitis. Sebab, sayuran hijau memiliki antioksidan yang membantu melawan infeksi.

2. Jamur

Jenis-jenis jamur seperti maitake, reishi, dan shiitake sangat berguna untuk penderita bronkitis. Jamur mengandung senyawa lentian yang masih tergolong antioksidan sehingga mampu mencegah rusaknya jaringan paru-paru akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.


3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat tradisional yang diyakini mampu mengatasi pilek, batuk, dan cairan lendir. Jenis tanaman herbal ini kerap direkomendasikan oleh ahli diet dan dokter untuk dikonsumsi karena memiliki kemampuan antibakteri, antivirus, serta antijamur.

4. Sayur dan Buah Tinggi Vitamin C

Vitamin C bermanfaat karena membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan memerangi virus. Vitamin C bisa ditemukan pada beberapa jenis sayur dan buah seperti sayuran hijau berwarna gelap, stroberi, kiwi, jeruk, brokoli, paprika, jambu, dan kembang kol.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)