Kandungan Daun Kelor Mosehat Diyakini Efektif Redakan Bronkitis

Kamis, 01 April 2021 - 03:32 WIB
loading...
Kandungan Daun Kelor Mosehat Diyakini Efektif Redakan Bronkitis
Daun dengan nama latin moringa oleifera ini disebut-sebut dapat mengatasi berbagai macam penyakit, dari ringan hingga level berat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sudah menjadi rahasia umum lagi bila daun kelor memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun dengan nama latin moringa oleifera ini disebut-sebut dapat mengatasi berbagai macam penyakit, dari ringan hingga level berat.

Baca juga: Bebas Sakit, 3 Posisi Seks Ini Bikin Puas dan Ketagihan

Pemanfaatan daun kelor ini sudah dilakukan sejak zaman dulu sebagai pengobatan tradisional. Di zaman yang serba canggih ini, daun kelor bisa diolah menjadi ekstrak dan dijadikan suplemen , teh maupun obat herbal.

Melansir dari alodokter, dalam 2 gram daun kelor mengandung 14 kalori dan beragam nutrisi sebagai berikut: 2 gram protein, 1,8–2 gram karbohidrat, 0,8 miligram zat besi, 8,8 miligram magnesium, 70 miligram kalium, 38–40 miligram kalsium, 11 miligram vitamin C, 600 IU vitamin A dan 8,5 mikrogram folat.

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, tembaga, dan kaya akan antioksidan seperti polifenol. Polifenol sendiri merupakan senyawa alami pada tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit.

Daun kelor disebut-sebut dapat mengatasi masalah dari level ringan hingga berat, salah satunya bronkitis. Bronkitis merupakan peradangan pada lapisan saluran bronkial yang membawa udara ke dan dari paru-paru.

Ada dua jenis bronkitis, yakni bronkitis akut kronis. Bronkitis akut biasanya diderita oleh anak berusia di bawah lima tahun dan dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Sementara bronkitis kronis termasuk salah satu penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yang dialami oleh orang dewasa di atas 40 tahun dan dapat berlangsung selama dua bulan. Dalam kasus yang sangat parah, bronkitis berpotensi menyebabkan komplikasi seperti pneumonia.

Menurut laman wajibbaca, sebagai pengobatan bronkitis, daun kelor bisa diolah menjadi sup dengan waktu memasak selama lima menit saja. Namun cara ini tentu sangat merepotkan dan belum tentu tepat takarannya.

Obat herbal dari kandungan ekstrak daun kelor yang praktis dan tinggal seduh ini bisa ditemukan dalam Mosehat. Selain ekstrak daun kelor, obat herbal ini mengandung ekstrak propolis dan jintan hitam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)