Berapa Kadar Gula dalam 1 Piring Nasi? Awas Berlebihan, Bahaya untuk Diabetes

Senin, 28 Agustus 2023 - 13:52 WIB
loading...
Berapa Kadar Gula dalam 1 Piring Nasi? Awas Berlebihan, Bahaya untuk Diabetes
Kadar gula dalam satu piring nasi harus menjadi perhatian jika Anda ingin terhindar dari berat badan berlebih ataupun penyakit diabetes. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kadar gula dalam satu piring nasi harus menjadi perhatian jika Anda ingin terhindar dari berat badan berlebih ataupun penyakit diabetes.

Untuk diketahui, nasi mengandung karbohidrat yang tinggi. Saat mengonsumsi karbohidrat, tubuh Anda akan memecahnya menjadi gula, yang kemudian memasuki aliran darah dan meningkatkan kadar gula darah.

Mengutip laman Livestrong, Senin (28/8/2023), 100 gram porsi nasi putih berbiji panjang hanya mengandung 0,05 gram gula. Tapi, nasi ini mengandung 28,17 gram karbohidrat yang akan diubah oleh tubuh menjadi gula.



Nasi putih yang bulirnya pendek dan sedang juga memiliki sekitar 28 gram karbohidrat per 100 gram. Sementara nasi putih ketan memiliki kandungan karbohidrat yang sedikit lebih rendah, yaitu 21,09 karbohidrat per 100 gram.

Nasi Putih dan Diabetes

Saat menderita diabetes, berarti tubuh Anda tidak mampu mengatur gula darah secara efisien seperti yang seharusnya. Maka itu, Anda harus lebih berhati-hati terhadap apa yang dikonsumsi dan bagaimana pengaruhnya terhadap kadar gula darah.

Indeks glikemik adalah skala yang bisa membantu Anda mengukur seberapa lambat atau cepat suatu makanan akan meningkatkan kadar gula darah.

Menurut Harvard Medical School, nasi putih memiliki indeks glikemik cukup tinggi yaitu 73. Sebagai perbandingan, beras merah memiliki indeks glikemik yang sedikit lebih rendah yaitu 68.

Nilai tertinggi dalam skala tersebut adalah glukosa murni, yang memiliki indeks glikemik 100. Dengan indeks glikemik 73 dari skala 100, itu berarti gula dalam nasi putih akan mencapai aliran darah Anda dengan cukup cepat.



"Karena itu, makan nasi putih memiliki efek yang hampir sama pada kadar gula darah seperti Anda mengonsumsi gula murni, sebab hal ini menyebabkan lonjakan cepat pada gula darah. Padahal yang Anda inginkan adalah pelepasan gula yang lebih lambat dan bertahap ke dalam aliran darah," demikian keterangan yang dikutip dari Harvard Medical School.

Meski demikian, pasien diabetes bukan berarti tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Hanya, porsinya yang perlu diperhatikan. Diabetes UK merekomendasikan untuk membatasi ukuran porsi Anda menjadi 2 sendok makan nasi saja.

Memilih sumber karbohidrat yang "aman" dikonsumsi juga dapat membantu Anda mengatur kadar gula darah dengan lebih baik, selain juga mengontrol berat badan dan mencegah penyakit kronis lain.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)