Segini Kadar Gula pada Minuman Kemasan, Soft Drink hingga Jus Buah

Senin, 28 Agustus 2023 - 19:00 WIB
loading...
Segini Kadar Gula pada Minuman Kemasan, Soft Drink hingga Jus Buah
Banyak yang belum tahu berapa sebenarnya kadar gula pada minuman kemasan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Banyak yang belum tahu berapa sebenarnya kadar gula pada minuman kemasan. Karena ketidaktahuan itu, orang awam kerap abai memperhatikannya.

Minuman kemasan rata-rata telah memasukkan banyak gula tambahan ke dalamnya. Jika dikonsumsi berlebihan, tambahan gula ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan memicu penyakit kronis.

Ambil contoh minuman bersoda. Mengutip laman Verywell Fit, Senin (28/8/2023), berdasarkan informasi gizi dari sebuah perusahaan soft drink, sekaleng minuman soda seberat 12 ons tercatat mengandung 39 gram gula (sekitar 10 sendok teh). Itu baru dari satu produk. Padahal dalam keseharian, kita biasanya mengonsumsi banyak makanan dan minuman bergula.



Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI sendiri telah merilis batasan asupan gula per hari yakni sekitar 50 gram atau setara 4 sendok makan. Sedangkan minuman kemasan kekinian rata-rata mengandung gula tinggi, bahkan ada yang hampir 50 gram.

Jus buah dalam kemasan, es teh, serta minuman energi dan olahraga juga sama. Minuman tinggi gula tersebut telah dikaitkan dengan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Untuk lebih membuka wawasan kita, berikut informasi tentang kadar gula dan kalori beberapa jenis minuman dalam kemasan berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS.

1. Coca-Cola mengandung 39 gram gula (10 sendok teh) serta 140 kalori.

2. Soda jeruk mengandung 49 gram (12 sendok teh) serta 199 kalori.

3. Jus soda (rasa jeruk) mengandung 23 gram (6 sendok teh) serta 115 kalori.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)