Persiapan KTT ASEAN di Jakarta Masuk Tahap Final, Sandiaga Uno: Hotel di Jakarta Terisi Penuh

Senin, 28 Agustus 2023 - 22:30 WIB
loading...
Persiapan KTT ASEAN di Jakarta Masuk Tahap Final, Sandiaga Uno: Hotel di Jakarta Terisi Penuh
Menparekraf Sandiaga Uno menyebut persiapan KTT ke-43 ASEAN di DKI Jakarta masuk tahap final. Sejumlah hotel yang ada di Jakarta sudah terisi penuh. Foto/ Wiwie Heryani.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut bahwa persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di DKI Jakarta masuk tahap final.

Dijelaskan Sandiaga, sejumlah hotel yang ada di Jakarta sudah terisi penuh, terutama 5 lokasi yang akan menjadi venue utama untuk para delegasi yang datang.



“Terkait dengan persiapan KTT ASEAN Alhamdulillah sekarang ini telah memasuki tahap final dan akan dilakukan event MICE terbesar, 5-7 September dan ada 27 kepala negara yang hadir, organisasi internasional yang akan hadir di KTT ASEAN,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin, (28/8/2023).

“Hotel-hotel pada penuh nih. Jadi, ada 18 hotel di Jakarta yang dipakai dan yang lain juga akan mendapatkan limpahan dari tingkatan okupansi dan 5 lokasi venue utama istana negara tentunya, Hotel ST Regist, kantor sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center, dan Taman Kota Plataran GBK,” tutur dia lagi.

Tidak hanya hotel, persiapan transportasi penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta juga sudah cukup siap. Salah satunya yakni penggunaan kendaraan listrik yang akan masif.

“Transportasinya ini yang paling cool. Udah listrik. Dan ini mudah-mudahan akan membawa multi effect yang berhubungan dengan semua pelaku Parekraf,” ungkapnya.

Melalui penyelenggaraan bergengsi ini, Sandiaga lantas berharap agar kunjungan para delegasi tak hanya menyentuh lapisan kalangan atas, namun juga bisa merangkul pelaku UMKM.

“Kita harus pastikan bahwa kunjungan mereka di sini bukan hanya menyentuh lapisan ekonomi atas, tapi bisa juga mendorong bagaimana UMKM mengambil potensi dan peluang dari sini sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” paparnya.



Sebagai informasi, setidaknya ada 27 pemimpin negara dan atau organisasi internasional yang diperkirakan hadir dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Mereka yakni 18 pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), Perdana Menteri Kanada, dan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

KTT ASEAN dalam format plenary maupun retreat akan diselenggarakan pada 5 September 2023. Kemudian pada 6 September dilangsungkan KTT antara ASEAN dengan berbagai mitra dan pada 7 September dilanjutkan KTT dengan negara mitra maupun East Asia Summits dan ASEAN Plus Three Summits.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)