Cara Mengurangi Nyeri Asam Urat di Lutut Tanpa Obat

Selasa, 29 Agustus 2023 - 18:46 WIB
loading...
Cara Mengurangi Nyeri Asam Urat di Lutut Tanpa Obat
Cara mengurangi nyeri asam urat di lutut bisa dilakukan tanpa obat. Asam urat radang sendi yang menyerang jempol kaki, namun bisa berkembang di sendi mana pun. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengurangi nyeri asam urat di lutut bisa dilakukan tanpa obat. Asam urat adalah bentuk radang sendi yang biasanya menyerang jempol kaki, namun bisa berkembang di sendi mana pun, termasuk salah satu atau kedua lutut.

Ketika asam urat menyerang lutut, penyakit ini dapat membuat gerakan sehari-hari, seperti berjalan atau berdiri, terasa nyeri atau tidak nyaman. Meskipun tidak ada obat untuk asam urat, ada beberapa perawatan yang dapat membantu mencegah kambuhnya asam urat dan mengurangi nyeri.

Dilansir dari Health Line, Selasa (30/8/2023) gejala utama asam urat pada lutut adalah nyeri dan rasa tidak nyaman pada area sekitar. Namun, asam urat sering kali tidak dapat diprediksi, apa pun sendi yang terkena.

Anda bisa mengalami serangan asam urat selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tanpa gejala apa pun. Saat serangan terjadi, biasanya penderita sering terbangun di malam hari dengan rasa sakit yang membakar di lutut.



Cara Mengurangi Nyeri Asam Urat di Lutut Tanpa Obat

Foto/Infografis Asam Urat

Dalam beberapa kasus, asam urat dimulai di salah satu jempol kaki sebelum berpindah ke area lain, seperti lutut. Seiring waktu, gejolak ini mungkin berlangsung lebih lama dari episode sebelumnya.

Penumpukan asam urat dalam tubuh dikenal dengan istilah hiperurisemia. Tubuh Anda menghasilkan asam urat ketika memecah purin. Ini adalah senyawa yang ditemukan di semua sel dan bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan.

Biasanya, asam urat melewati ginjal, yang membantu menghilangkan kelebihan asam urat dalam urine. Namun terkadang, asam urat terlalu banyak untuk ditangani ginjal. Dalam kasus lain, ginjal tidak dapat memproses asam urat dalam jumlah tertentu karena kondisi yang mendasarinya.

Akibatnya, lebih banyak asam urat yang bersirkulasi ke seluruh tubuh dan berakhir di lutut dalam bentuk kristal asam urat. Penyakit ini cenderung lebih sering terjadi pada pria karena wanita biasanya memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3154 seconds (0.1#10.140)