5 Menu Sarapan yang Bisa Menurunkan Gula Darah, Bagus untuk Penderita Diabetes

Kamis, 31 Agustus 2023 - 07:05 WIB
loading...
A A A

1. Makanan Berserat Tinggi


Sekali Anda makan serat, serat tidak dicerna oleh tubuh sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah. Sebaliknya, hal itu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, yang dapat menyebabkan pelepasan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah.

"Ini membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dengan cepat," kata Dr Sunni Patel dari Dish Dash Deets.

Oleh karena itu, Dr Patel merekomendasikan untuk memilih biji-bijian seperti oat, roti gandum, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang kaya serat.

2. Makanan Kaya Protein


Protein dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dengan mengurangi dampak karbohidrat pada glukosa Anda. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makronutrien yang dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dari saluran pencernaan.

“Ini juga merangsang pelepasan hormon yang meningkatkan rasa kenyang, yang dapat mencegah makan berlebihan dan membantu mengatur kadar gula darah,” jelas Dr Patel.

Dia merekomendasikan untuk menyertakan telur, yoghurt Yunani, keju cottage, dan daging tanpa lemak dalam menu sarapan setiap pagi.

Baca Juga: Bisa Jadi Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Apa Warna Air Kencing Penderita Diabetes?
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Ini Menu Sarapan Terbaik...
Ini Menu Sarapan Terbaik sebelum Olahraga, Pisang dan Ubi Cilembu Juaranya
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Kejagung Limpahkan 11...
Kejagung Limpahkan 11 Tersangka Kasus Korupsi Ekspor CPO ke Jaksa Penuntut Umum
AS Rayakan 250 Tahun...
AS Rayakan 250 Tahun Kemerdekaan, Soroti Masa Depan Kemitraan Strategis dengan Indonesia
Kejagung Geledah 6 Lokasi...
Kejagung Geledah 6 Lokasi terkait Korupsi MBG, Sasar Kantor dan Rumah Tersangka di Jakarta hingga Bandung
Berita Terkini
Solusi Cerdas Berlibur:...
Solusi Cerdas Berlibur: Perjalanan Nyaman dengan Layanan Paylater
PRJ 2026 Jadi Ruang...
PRJ 2026 Jadi Ruang Kebersamaan Keluarga di Ibu Kota
Liburan Sekolah, Hotel...
Liburan Sekolah, Hotel Ini Tawarkan Misi Seru Petualangan Staycation Keluarga
Raffi Ahmad Buka Suara...
Raffi Ahmad Buka Suara soal Kasus Blueray, Tegaskan Tak Pernah Terima Barang Gratis
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Praz Teguh Akui Sudah Kembalikan Uang Saku
Paula Verhoeven Dicecar...
Paula Verhoeven Dicecar 30 Pertanyaan soal Kasus Hanania Group, Ini Pengakuannya!
Infografis
Buah Lontar Memiliki...
Buah Lontar Memiliki Manfaat yang Sangat Baik untuk Menu Diet
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved