5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Kamis, 31 Agustus 2023 - 08:41 WIB
loading...
5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Beberapa tanaman dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Dikenal sebagai hipertensi, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa tanaman dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Dikenal sebagai hipertensi, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele lantaran pemicu serangan jantung dan stroke.

Beruntungnya, tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan mengatur pola makan. Ahli gizi Dr Pamela Mason mengatakan ada lima tanaman yang bisa memberikan manfaat untuk penderita hipertensi.

Berdasarkan temuannya, Mason merekomendasikan konsumsi jahe, bilberry, cranberry, bawang putih, dan ginseng. Tiga tanaman pertama dalam daftar ini mengandung antioksidan, terutama polifenol yang dapat mencegah tekanan darah naik.

Dilansir dari Express, Kamis (31/8/2023) Mason menjelaskan, senyawa tanaman ini dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah.



5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Foto/Infografis SINDOnews

Polifenol antosianin spesifik pada bilberry terbukti berpotensi menormalkan tekanan darah. Selain itu, jahe juga dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah melalui efek pada saluran kalsium di pembuluh darah.

Sementara bawang putih, senyawa tanaman yang disebut allicin disebut bertanggung jawab atas penurunan tekanan darah. Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition juga menunjukkan hal serupa.

Di mana suplemen bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mencapai hasil terbaik, ahli gizi merekomendasikan untuk memasukkan herbal ini ke dalam pola makan seimbang dan sehat yang kaya akan buah-buahan dan sayuran.

Mason menyarankan mengonsumsi jahe, bilberry, cranberry, bawang putih dan ginseng dalam makanan atau sebagai suplemen. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.



Penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda setidaknya setiap dua tahun mulai dari usia 18 tahun. Beberapa orang memerlukan pemeriksaan lebih sering.

Kebiasaan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, berolahraga, dan makan dengan baik dapat membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi. Beberapa orang memerlukan obat untuk mengobati tekanan darah tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)