5 Tips Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tidak Bau

Kamis, 31 Agustus 2023 - 12:20 WIB
loading...
5 Tips Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tidak Bau
Ada beberapa tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tidak bau. Baik dari penjual ikan atau toko, pastikan untuk mendinginkannya sesegera mungkin. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tidak bau. Baik itu dari penjual ikan atau toko, pastikan untuk mendinginkannya sesegera mungkin setelah membeli.

Ikan segar bisa disimpan dan bertahan di kulkas selama satu hingga dua hari. Sementara ikan yang dimasak bisa bertahan di kulkas selama tiga hingga empat hari. Ikan segar harus berbau segar atau seperti air asalnya.

Jika fillet atau ikan utuh berbau amis, asam, atau seperti amonia, itu tandanya harus dibuang. Indikator lain ikan harus dibuang adalah jika ada perubahan warna, penggelapan atau pengeringan di sekitar tepi fillet. Jika Anda membeli ikan utuh, matanya harus jernih dan tidak keruh.

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tidak Bau



Berikut tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dilansir dari Webmd, Kamis (31/8/2023).



1. Simpan di Rak Bawah


Saat menyimpan ikan mentah, letakkan di rak paling bawah untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang. Selain itu, pastikan kulkas Anda disetel pada suhu yang aman, 40 derajat fahrenheit atau lebih rendah, untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

2. Bungkus dalam Plastik


Jika sering membuka kulkas, Anda juga bisa menyimpan ikan dengan es atau kantong es. Jika menyimpan ikan potong atau fillet, bungkus dengan bungkus plastik sebelum diberi lapisan gula. Ikan utuh tidak perlu dibungkus terlebih dahulu.



3. Simpan di Wadah Kedap Udara


Tempatkan ikan matang dalam wadah kedap udara untuk melindunginya dari bau apa pun di kulkas. Tidak seperti ikan mentah, ikan matang dapat disimpan di rak mana pun, kecuali rak paling bawah tempat menyimpan daging mentah, ikan, atau unggas.

4. Simpan dengan Suhu 40 Derajat Fahrenheit


Saat menyimpan ikan di lemari es, pastikan suhunya 40 derajat fahrenheit atau lebih rendah agar ikan tetap segar.



5. Simpan Ikan dalam Kemasan Aslinya


Jika Anda berencana untuk menggunakan ikan bersirip dalam satu atau dua hari ke depan, simpanlah dalam bungkus atau kemasan aslinya dan letakkan di bagian terdingin di kulkas. Biasanya, ini ada di bawah freezer atau di laci daging.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)