5 Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah

Jum'at, 01 September 2023 - 14:58 WIB
loading...
5 Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah
Air rebusan daun pandan memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Ada banyak khasiat air rebusan daun pandan bagi tubuh. Salah satunya dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah .

Daun pandan merupakan jenis tumbuhan yang cukup dikenal masyarakat Tanah Air. Daun ini memiliki bau yang khas sehingga orang akan dengan mudah mengenalinya.

Tak jarang daun pandan dijadikan air rebusan yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Salah satu yang cukup populer biasanya diolah menjadi teh pandan.

Lantas, apa saja khasiat air rebusan daun pandan ini? Berikut di antaranya yang bisa diketahui.

Khasiat Air Rebusan Daun Pandan


1. Mengurangi Rasa Nyeri Sendi


Pengobatan tradisional telah mempercayai daun pandan karena perannya dalam meredakan nyeri. Mengutip WebMD pada Jumat (1/9/2023), para peneliti menemukan bahwa air dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia yang dapat meredakan nyeri sendi.



Namun, perlu diketahui bahwa khasiat daun pandan ini hanya meredakan rasa nyeri. Artinya, Anda perlu segera menemukan penyebab timbulnya nyeri agar tidak kambuh lagi di kemudian hari.

2. Mengontrol Gula Darah


Air rebusan daun pandan juga dipercaya memiliki manfaat mengontrol kadar gula darah. Khasiatnya akan berguna untuk mengatur gula darah seseorang dengan lebih baik, khususnya setelah makan.

Salah satu olahan yang bisa dicoba adalah teh pandan. Sejumlah penelitian awal menunjukan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan memiliki gula darah lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

3. Meredakan Demam

Demam menjadi kondisi yang menyebalkan. Peningkatan suhu pada tubuh membuat seseorang tidak nyaman melakukan aktivitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)