Cegah Kolesterol Tinggi dengan Daun Pandan, Aman dan Ampuh

Sabtu, 01 Januari 2022 - 18:50 WIB
loading...
Cegah Kolesterol Tinggi dengan Daun Pandan, Aman dan Ampuh
Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan daun pandan. Cara ini terbukti aman dan ampuh lantaran 100 gram daun pandan mengandung air, protein, karbohidrat. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan daun pandan. Cara ini terbukti aman dan ampuh lantaran 100 gram daun pandan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, dan banyak vitamin, seperti vitamin C, B1, B2, dan B3.

Daun pandan juga mengandung mineral lainnya, seperti zat besi, fosfor, dan kalsium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh jurusan Kesehatan Hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), ditemukan sifat antikolesterol pada daun pandan.

Dilansir dari Halodoc, Sabtu (1/1/2022) daun pandan tidak menyebabkan peningkatan kolesterol jahat . Kandungan tanin pada daun pandan juga terbukti mengikat asam empedu di usus yang akhirnya dikeluarkan dari dalam tubuh melalui feses.


Sementara, kandungan fenol pada daun pandan yang mampu menghambat oksidasi kolesterol LDL atau kolesterol jahat, dapat menurunkan kecenderungan untuk memiliki kelebihan kolesterol pada tubuh. Kolesterol sendiri merupakan suatu zat metabolit yang mengandung lemak sterol.

Senyawa ini seperti lilin dan terdapat dalam sel manusia serta hewan. Kolesterol dalam darah bisa melonjak jika Anda terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh yang biasanya terdapat pada makanan hewani. Sedangkan, lemak dalam tumbuhan merupakan lemak tak jenuh bisa menurunkan kadar kolesterol.

Berdasarkan hasil penelitian, daun pandan diharapkan menjadi pengobatan alternatif untuk menurunkan kolesterol secara alami. Pasalnya, daun pandan tidak menimbulkan efek samping dibandingkan pengobatan secara medis.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)