Air Rebusan Daun untuk Mengatasi Asam Lambung, Kemangi Bisa Jadi Andalan

Sabtu, 02 September 2023 - 11:01 WIB
loading...
Air Rebusan Daun untuk Mengatasi Asam Lambung, Kemangi Bisa Jadi Andalan
Air rebusan daun untuk mengatasi asam lambung banyak dicari masyarakat. Mengatasinya bisa dengan daun kemangi. Foto/ ilustrasi.
A A A
JAKARTA - Air rebusan daun untuk mengatasi asam lambung banyak dicari masyarakat. Pasalnya, penyakit ini kerap dialami banyak orang.

Ya, asam lambung merupakan masalah yang sangat umum dan dapat terjadi kapan saja, siang atau malam.



Jika Anda mengonsumsi makanan kaya lemak, seperti pizza, pasta, keripik atau kentang goreng, kemungkinan besar akan lebih sering menderita masalah keasaman.

Demikian dengan kebiasaan mengonsumsi, seperti asupan kafein berlebihan, konsumsi gula, dan kurang minum. Semua ini cenderung mengganggu tingkat pH alami tubuh dan membuat asam lambung meluap.

Jika Anda mengalami masalah ini lebih dari dua kali seminggu, kemungkinan besar Anda memiliki masalah keasaman yang serius – refluks asam, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofagus, yang umumnya dikenal sebagai GERD.

Rasa sakitnya bisa sangat parah bagi sebagian orang sehingga terasa seperti masalah jantung. Oleh karena itu, keasaman juga dikenal sebagai mulas.

Nah, mengatasi masalah ini, ada cara yang bisa dilakukan di rumah, yakni dengan rebusan duan dari rempah yang banyak tersedia di dapur.

Rempah-rempah dapur tertentu dapat membantu Anda meredakan asam lambung . Secara tradisional, bahan itu, seperti biji jintan, kapulaga, kayu manis dan bubuk jahe.

Cara membuat:
Dalam panci, rebus sedikit air (1 gelas). Tambahkan bumbu seperti biji jintan, kapulaga, bubuk jahe dan cengkeh ke dalamnya. Biarkan ramuan mendidih dan setelah matang, dinginkan.

Minuman sehat ini pun sudah siap. Anda juga bisa menambahkan jaggery untuk meningkatkan rasanya.

Selain itu, mengonsumsi jus yang diekstraksi dari nanas segar pada saat dibutuhkan. Nanas mengandung vitamin dan mineral serta bromelain, yaitu enzim yang membantu mengontrol kadar asam klorida dalam perut, sehingga mencegah naiknya asam lambung .

Ini yang harus dilakukan:
Setelah makan, hindari langsung berbaring. Pasalnya, berbaring dapat memicu keasaman. Sebaliknya, duduklah setidaknya 30-40 menit setelah makan atau jalan cepat 10-15 menit.

-Hindari minum minuman berkarbonasi dan bersoda karena mengganggu tingkat pH lambung.

-Jus jeruk (seperti lemon, jeruk, dan grapefruit) juga harus dihindari, terutama bila Anda menderita asam lambung. Karena sangat asam, bahan ini dapat memperparah refluks di perut Anda.

Cara efektif lainnya untuk mengobati refluks asam
Selain pengobatan rumahan tersebut, berikut beberapa cara efektif lainnya untuk mengatasi naiknya asam lambung di rumah. Anda dapat dengan mudah menemukan produk ini di rumah Anda.

Daun kemangi

Kemangi memiliki sifat menenangkan dan karminatif yang dapat membantu mencegah naiknya asam lambung . Caranya, cukup rebus beberapa lembar daun kemangi dalam segelas air selama lima menit. Biarkan hingga dingin lalu saring daunnya dan minum ramuannya.


Biji adas

Biji adas aromatik juga dapat membantu meredakan refluks asam. Anda dapat memperoleh biji adas dengan dua cara, yaitu dengan mengunyah bijinya atau merebus airnya dan meminum ramuannya.

Bubuk soda kue

Soda kue memiliki banyak khasiat dan salah satunya adalah meredakan refluks asam. Tambahkan 1/4 sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air dan aduk rata. Minumlah ramuan tersebut dan dapatkan bantuan dari masalah perut untuk sementara waktu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)